Gubernur NTT Hadiri Reuni Pasien Kusta


sergapntt.com [KUPANG] – Sebagai bentuk apresiasi atas pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan yang dilakukan oleh para suster ordo Putri Reinha Rosari (PRR) di Desa Naob Kecamatan Noemuti Timur Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Provinsi NTT, Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya bersama rombongan pejabat dari Provinsi NTT  menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Kusta se dunia dan reuni pasien kusta di Susteran Naob, Sabtu malam (11/2).
 ”Saya datang sebagai apresiasi saya kepada para suster yang telah bekerja khususnya yang berkaitan dengan aspek kemanusiaan. Sebab terkadang orang sakit sering dijauhi oleh orang lain; apalagi penyakit kusta,” kata Gubernur di depan puluhan pasien kusta yang dirawat oleh para Suster PRR.
Gubernur menceritakan, suatu waktu di Kabupaten Lembata ada seorang penyakit kusta yang dibuang jauh-jauh oleh keluarganya.
”Si pasien tersebut diambil dan dirawat oleh seorang pastor. Hingga saat ini pasien itu telah sembuh dan masih hidup sampai hari ini. Artinya, penyakit ini bisa disembuhkan dan para pasien kusta tidak perlu diisolir,” pinta Gubernur.
Gubernur mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya.
”Memang kebersihan musti dijaga. Bagi orang lain penyakit ini memang dirasa aneh. Tapi itulah kemanusiaan; yang di era seperti sekarang ini kurang dipedulikan,” kata Gubernur.
Kepada para suster PRR yang mengurus para pasien kusta, Gubernur berharap agar tetap menjaga dan memelihara idealisme kemanusiaan yang begitu mulia.
”Idealisme ini musti dijaga. Mudah-mudahan dari waktu ke waktu para pasien kusta makin berkurang. Kalau pasien kusta bertambah, apakah kita gagal membangun kesehatan di daerah ini,” ujar Gubernur, balik bertanya.
Menurut Gubernur, yang paling penting adalah bagaimana saling menghargai di antara sesama manusia.
”Mari kita hargai para pasien kusta; yang memiliki hak yang sama dengan yang sehat-sehat. Karena itu, reuni para pasien kusta ini sesungguhnya ingin menyegarkan motivasi dan komitmen kemanusiaan kita untuk bekerja lebih baik. Mudah-mudahan derajat kesehatan masyarakat NTT ke depan akan semakin baik,” tandas Gubernur dan meminta kepada para suster untuk melanjutkan karya kemanusiaan ini dengan penuh rasa tanggungjawab sehingga mampu membebaskan masyarakat dari penyakit kusta.
Di tempat yang sama pimpinan susteran PRR Naon, Sr. Marcela, PRR menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa terharu atas kehadiran Gubernur NTT bersama rombongan di Naob.
”Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bapak Gubernur. Setiap siapa saja yang datang ke tempat ini merupakan mutiara terindah dan rahmat bagi kami di sini. Karena hanya orang yang punya hati; yang bisa datang ke tempat ini. Tidak semua orang bisa datang ke sini,” ucap Sr. Marcela, datar.
Menurut Sr. Marcela, pihaknya setiap tahun melakukan kegiatan reuni pasien kusta.
”Kegiatan reuni ini dalam rangka merayakan HUT orang kusta se dunia yang diperingati setiap tanggal 8 Februari. Setiap tahun kami adakan kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan,” katanya.
Ikut hadir bersama Gubernur, Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi NTT, Ir. Eddy Ismail,MM, Kadis Pertanian dan Perkebunan NTT, Ir. Yohanes Tay Ruba, MM, Kadis Peternakan NTT, Ir. Semuel Rebo, Kadis Pehubungan NTT, Drs. Bruno Kupok, Kadis Kominfo NTT, Drs. Richard Djami, Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi NTT, Paulus Rante Tadung, SH, Kepala Badan Pengelola Perbatasan NTT, Drs. Eduard Gana, M.Si, Kepala Badan Lingkungan Hidup NTT, Drs. Alexander Oematan, M.Si, Kepala Badan Perpustakaan NTT, Drs. Nahor Talan, Kepala Biro Pemerintahan Setda NTT, Drs. Willem Foni, M.Si, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja NTT, Drs. Frans Lasa, MM, Sekretaris Bappeda NTT, DR. Dr. Hironimus Fernandez, Kepala Bagian Kesra Biro Kesra Setda NTT, Maria Sara, SE, MM dan sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten TTU.
By. VERRY GURU

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?