Tiga Tahun Terakhir Kasus Lakalantas Meningkat


sergapntt.com [KUPANG] – Selama  tiga  tahun terakhir, kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten kupang  yang menimbulkan korban jiwa mengalami peningkatan.
Demikian dikatakan kazat lantas Polres Kupang , Iptu. Adit Priyanto saat ditemui SERGAP NTT dikantor Satlantas Polres Kupang, Senin (13/2/12).

Priyanto  menuturkan, kecelakaan lalu lintas merupakan kasusyang sering terjadi. Pasalnya jalan Timor Raya ini merupakan jalur yang rawan akan terjadinya lakalantas. Sesuai data tiga tahun terakhir yakni,pada tahun 2009 sudah terjadi sebanyak 90 kejadian lakalantas, tahun 2010 193 kejadian ,dan tahun 2011 mengalami peningkatan sebanyak 278 kejadian lakalantas.

“Kasus kecelakaan lalu lintas tunggal menjadi kasus yang paling banyak. Rata-rata dari semua lakalantas yang terjadi menimbulkan korban jiwa,” ungkap Priyanto.Mungkin Berbeda dengan daerah lain, meskipun lakalantas cukup banyak, korban yang ditimbulkan sedikit.

Dijelaskan Priyanto, peningkatan kasus lakalantas yang terjadi pada tahun 2009 yang meninggal dunia (MD) sebanyak 39 orang,luka berat (LB) 68 orang ,luka ringan (LR) 143 orang.Dan tahun 2010 meninggal dunia 46 orang,luka ringan 99 orang ,luka berat 253 orang .Sementara 2011  meninggal dunia 43 orang,luka ringan 97 orang dan luka berat 394 orang.

“Untuk itu  dampak dari peningkatan ini disebabkan banyak pengadara yang mabuk saat mengendarai kendaraan,sehingga tidak bisa mengendalikan kendaraan,maka  mengakibat terjadi tabrakan.”ungkap Priyanto.

Selain itu,lanjut Priyanto, faktor lain  yang mempengaruhi yakni,makin banyak kendaraan baik roda dua maupun roda empat,serta  pembangunan yang semakin pesat, khususnya peningkatan infrastruktur jalan yang semakin mulus, oleh sebab itu pengguna jalan dalam hal ini pengendara merasa bebas untuk mengendarai kendaraanya tanpa mengontrol lajunya kecepatan kendaraan yang dikendarainya,sehingga  kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Ditambahkannya, dalam mengendalikan situasi keamanan, dan keselamatan pihaknya selalu memberikan sosialisasi bagi masyarakat soal pentinya menjaga keselamatan dalam mengendarai dijalan raya.

Sosialisasi ini, kata Priyanto, bahkan sudah dilaksanakan ditingkat sekolah,toko masyarakat, hingga tingkat desa,namun terlihat  masih ada juga para pengendara yang belum memilki kesadaran .
“Untuk itu dalam menegakan disiplin berlalulintas,pihaknya  telah menyampaikan kepada anggotanya dilapangan  untuk selalu bertindak tegas terhadap pengendara yang diangap  melanggar peraturan lalulintas.”kata Priyanto.
Pasalnya, hal ini merupakan untuk menjaga situasi keelamatan bagi pengendara saat mengendarai kendaraan dijalan raya .Dan selain itu untuk dapat  mengurangi  terjadinya lakalantas.

Diketahui  jalan Timor Raya  rawan akan terjadinya lakalantas.Pasalnya jalan tersebut merupakan jalan negara, yang tentunya tingkat  arus kendaraan cukup banyak  melalui jalan tersebut.”Untuk itu diperlukan suatu kesadaran dari masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan dalam mengendarai kendaraan dijalan.”pintanya.

By. RIFLAN

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?