Cara Atasi Kerontokan dan Kebotakan Rambut


sergapntt.com – Biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, akan memberikan nutrisi yang bisa melindungi kulit kepala dan kantung rambut. Makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan kuku.
Konsumsi banyak air putih karena salah satu cairan yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk rambut, karena kulit kepala akan menjadi lebih sehat jika banyak air putih yang masuk ke dalam tubuh.
Konsumsilah multivitamin, terutama mengandung nutrisi seperti beta karoten yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perawatan rambut.
Minum vitamin B kompleks karena mengandung protein tinggi yang baik untuk rambut, kuku dan kulit.
Bagi wanita jangan sering menggunakan pengering rambut atau hairdryer karena akan merusak kelembaban rambut. Jika anda terpaksa menggunakannya, sebaiknya gunakan suhu yang rendah.
Perhatikan juga jarak rambut dengan pengering. Usahakan jaraknya sekitar 10-15 cm dari batang rambut. Gerakan hair dyer mulai dari bagian atas hingga ke bawah rambut. Ini akan membuat kutikula rambut menutup rapat. Dengan demikian rambut tampak lebih lurus dan rapi.
Hindari menarik rambut terlalu kuat dengan sisir saat memakai hair dyer, karena menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.  Gunakan bantuan sisir rambut bulat dengan penampang metal. Ini akan membuat rambut lebih cepat kering. Sesuaikan ukuran sisir dengan model rambut Anda.
Kebiasaan wanita mengingkat rambutnya kurang baik karena membuat rambut kehilangan kelembaban, patah dan rontok, jadi sering-seringlah menggerai atau mengurai rambut anda.
Terapi rambut menggunakan ghassoul. Caranya campurkan ghassoul bubuk 50 Gram dengan air hangat untuk membuat masker. Basahi rambut Anda lalu oleskan masker ghassoul di seluruh rambut di sertai pijatan perlahan-lahan di kulit kepala. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas rambut dengan air hangat sambil menyisir, gunakan 1/2 sari jeruk nipis dalam air bilasan akhir.
Jika aktifitas anda lebih banyak di luar ruangan/rumah maka cucilah rambut setiap hari.
Hindari menggaruk kulit kepala pada saat mencuci rambut. Selain akan membuat kulit kepala terluka, cara ini juga membuat pelembab alami yang terdapat di kulit kepala berkurang. Lakukan pijatan ringan pada bagian kulit kepala.
Bagi yang memiliki rambut yang sangat kering bisa menggunakan kondisioner setiap habis keramas. Pastikan Anda telah membilas sisa shampo saat mengoleskannya di rambut.
Bila kondisi rambut sedang rusak, biarkan rambut mengering secara alami. Bungkus rambut dengan handuk yang cukup tebal  dan lembut. Hindari menggosok rambut dengan handuk, karena akan menyebabkan rambut semakin kusut.
Agar rambut lebih sehat dan juga terlihat modis, seringlah mengubah garis belahan dan gaya rambut anda. Mengubah belahan menghindari kulit kepala yang sama terkena matahari dalam waktu panjang. Hal ini dapat mencegah kerontokan secara perlahan.
Lakukan perawatan pada rambut secara khusus, setidaknya minimal dua minggu sekali. Lakukan kegiatan creambath, hairmask, dan hair spa untuk memperindah & menyehatkan rambut anda.
by. santi

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?