Elias Djo Diminati Felix Dando


sergapntt.com, MBAY – Jual mahal mulai berlaku di kalangan kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo periode 2013-2018. Terutama para kandidat yang memiliki popularitas di atas rata-rata. Sebut saja mantan Bupati Ngada, Drs. Pit Nuwa Wea dan mantan Penjabat Bupati Nagekeo, Drs. Elias Djo.
Jika Pit Nuwa Wea hampir pasti akan berpasangan dengan Drs. Lorens Pone, Kadis Koperasi Nagekeo, maka tidak halnya dengan Elias Djo. Putra Mbay, ibu kota Kabupaten Nagekeo  ini masih jaga jarak. Bisa dibilang masih ba’iu (bahasa Kupang bilang jual mahal) kendati diminati banyak figur calon wakil bupati seperti Paul Nuwa Veto (Anggota DPRD Nagekeo asal PPDI) dan Felix Dando, usahawan asal Nagekeo yang berkiprah di Kupang.
Itu pasalnya hingga kini ia belum mau menentukan sikap akan berpasangan dengan Paul Nuwa Veto atau Felix Dando. Padahal komunikasi diantara mereka telah lama terbangun.
Kabar terakhir menyebutkan, Elias Djo masih menjajaki keduanya. Sekaligus mera-raba partai politik (parpol) mana yang bisa dijadikan sebagai kendaraan politik menuju arena pemilukada.
Soal potensi, Paul tak beda jauh dengan Felix. Keduanya sama-sama masih muda, sama-sama dari pantai selatan Nagekeo, dan punya basis massa jelas. Soal kualitas tak perlu diragukan.
Elias Djo pahami betul, sebagai kader yang berasal dari pantai utara, maka wajib hukumnya ia berkolaborasi dengan kader pantai selatan atau dataran tengah Nagekeo yang diwakili Kecamatan Mauponggo, Keo Tengah, Nangaroro atau Boawae. Jika tidak, maka jangan harap bisa menang dalam pemilukada. Sebab, diatas kertas, paket yang memenuhi variabel utara-selatan, atau utara-tengah dipastikan bakal keluar sebagai pemenang. Sebab, mayoritas pemilih Nagekeo masih kental dengan semangat komunitas berdasarkan suku dan ras. 
Santer dibicarakan warga Nagekeo bahwa Paul bakal diback up oleh para politisi Nagekeo yang berada di Jakarta. Sedangkan Felix akan disuport oleh Marianus Sae, Bupati Ngada sekarang. Paul didengung-dengung punya komunikasi yang baik dengan orang Jakarta. Sedangkan Felix merupakan sobat karib Marianus Sae. Toh ini masih sebatas gosip yang kebenarannya belum tentu falid.
Namun jika Elias Djo berpasangan dengan Paul, maka kemungkinan besar PPDI cs bersedia menjadi kendaraan politik bagi keduanya. Tapi jika Elias Djo memilih Felix, maka hampir pasti PAN akan menjadi stater dalam laga pemilukada kali ini. Itu karena sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Ngada, Marianus cukup punya akses dan berpengaruh di jajaran PAN dari Nagekeo hingga Jakarta.
Banyak kalangan menilai, jika Elias Djo berpasangan dengan Paul atau Felix, peluang menangnya 50:50. Semua tergantung punya kendaraan politik atau tidak. Kolaisi ini hanya akan menghadapi satu lawan berat, yakni pasangan Pit Nuwa Wea dan Lorens Pone. Dengan basis pemilih terbesar di Nagekeo, paket blasteran Boawae-Mbay ini diprediksi mampu mengungguli lawan-lawannya. Benarkah? Oh sabar dulu. Politik itu syarat dengan kemungkinan. Yang diperkirakan menang, bisa saja kalah. Begitupun sebaliknya. Yang pasti hanyalah kalah atau menang!
Siap menerima konsekuensi ini,,,? Saat bincang-bincang dengan SERGAP NTT di Kupang, Kamis (15/3/12) malam, Felix Dando mengaku siap bergumul dengan resiko pertarungan politik lima tahunan di Nagekeo.
“Saya siap maju. Orang yang saya senang itu pak Elias Djo. Dia itu figur yang patut diteladani. Karena itu jika tak ada aral melintang, saya siap berpasang dengan dia,” imbuhnya.
Paul pun tak mau tinggal diam. Dalam suatu kesempatan di Kupang, politisi asal Nangaroro itu mengaku sudah sepakat akan maju bersama Elias Djo. Tak ada lagi figur alternatif. Kecuali Elias Djo tiba-tiba mundur dari balapan pemilukada.
“Komunikasi di antara kami sudah mantap. Sekarang tinggal merangkul partai-partai pendukung,” paparnya.
by. chris parera 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?