Kebijakan Energi Perlu Penanganan Secara Baik


sergapntt.com, KUPANG – Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi sebagai salah satu sumber energi akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat, jasa pelayanan publik dan jasa ekonomi. Karena itu, berbagai kebijakan pengembangan energi baik energi terbarukan maupun energi tidak terbarukan di NTT jika ditinjau dari aspek pengembangan sumber, potensi penyediaan, pola pendistribusian dan pemasaran memiliki nilai kerentanan di tengah masyarakat sehingga memerlukan penanganan dan persiapan secara baik dan hati-hati.
            
Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur NTT, Ir. Esthon L. Foenay, M.Si dalam sekapur sirih pada acara sosialisasi Dewan Energi Nasional (DEN) di Hotel Kristal Kupang, Selasa (3/4). Acara tersebut dihadiri Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Prof. Widjajono Partowidagdo, M.Sc, MA, Ph.D, Rektor Undana Kupang, Prof. Frans Umbu Datta, Kadis Pertambangan dan Energi Provinsi NTT, Ir. Dani Suhadi dan diikuti ratusan peserta yang berasal dari berbagai kalangan yang ada di Kota Kupang dan sekitarnya.
Menurut Wagub, permasalahan pasokan dan pemenuhan energi masih menjadi tantangan daerah sampai saat ini bagi masyarakat di NTT. Besarnya tumpuan pemanfaatan energi yang bersumber dari bahan bakar minyak sebut Wagub, sudah sewajarnya secara bertahap dialihkan atau dikonversikan menuju upaya pemanfaatan energi terbarukan. “Sosialisasi energi terbarukan di NTT bukan merupakan hal baru karena sejak tahun 1974 di Kabupaten Sumba Barat, Waekelo Sawah telah dikonversi air menjadi energi listrik. Karena itu, perlu disosialisasikan kembali agar motivasi dan kharakter masyarakat pun dapat berubah,” pinta Wagub.
Secara khusus Wagub meminta perhatian Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian ESDM untuk memperhatikan potensi alam yang ada di Kabupaten Manggarai Barat khususnya di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. “Alangkah indahnya Pak Wakil Menteri ESDM dapat membuat listrik tenaga surya khususnya di Pulau Komodo dan Pulau Rinca serta pulau-pulau lain yang ada di NTT,” ucap Wagub, disambut tepuk tangan para hadirin.
Di tempat yang sama, Wamen ESDM Prof. Widjajono Partowidagdo mengatakan, energi merupakan kebutuhan yang urgen di negeri ini. “Bisa dibayangkan jika hidup kita ini tanpa energi,” ujar Partowidagdo dan menambahkan, kehadiran pihaknya di Kupang untuk melaksanakan sosialisasi tentang peran DEN.
DEN kata Partowidagdo, merupakan lembaga yang dibentuk untuk memediasi jika ada konflik energi yang terjadi di tengah masyarakat. Menurut dia, negara maju adalah negara yang hemat energi bukan negara yang menghambur-hamburkan energi. “Bandingkan negara kita dengan Singapura dan Timor Leste. Malah di Timor Leste harga bensin 1,5 U$ atau setara dengan Rp 13. 000,-. Karena itu, menurut saya Indonesia akan maju kalau luar Jawanya maju,” tandas Guru Besar Ilmu Ekonomi dan Pengelolaan Lapangan Migas pada Fakultas Teknik Pertambangan dan  Perminyakan ITB.
Acara sosialisasi DEN menampilkan sejumlah nara sumber diantaranya Ir. Agusman Effendi (Anggota DEN) materi UU nomor 30 tahun 2007 tentang Energi; Ir. Tumiran, M.Eng, P.hD (anggota DEN) tentang Skenario Kebijakan Energi Nasional Indonesia Menuju Tahun 2050; Prof. Ir. Mukhtasor, M.Eng, Ph.D (anggota DEN) dengan topik Tantangan dan Permasalahan Lingkungan untuk Memenuhi Kebutuhan Energi Indonesia menuju tahun 2050; Prof. Ir. Rinaldy Dalimi (anggota DEN) materi berjudul Pengawasan Kebijakan Energi Lintas Sektor; DR. Herman Damel Ibrahim (anggota DEN) dengan topik Identifikasi Daerah Krisis dan Darurat Energi; Prof. DR. Herman Agustiawan (anggota DEN) dengan materi Cadangan Penyangga Energi; Ir. Dani Suhadi (Kadis Pertambangan dan Energi NTT) dengan materi Potensi Energi di Provinsi NTT.
By. Verry Guru

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?