Ganti Rezim Bukan Berarti Ganti Program


KETUA Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Ngada, Sil Pati Wuli mengatakan keberhasilan dan kegagalan Bupati Kabupaten Ngada, Drs. Pit Jos Nuwa Wea merupakan keberhasilan dan kegagalan DPRD Kabupaten Ngada juga. Sebab, Pit Nuwa hanyalah eksekutor yang melaksanakan keputusan DPRD. Berikut nukilan wawancaranya saat ditemui di Kantor DPRD Kabupaten Ngada, Senin (25/01/10):

Sejumlah politisi menganggap Pit Nuwa tidak mampu membawa perubahan bagi masyarakat Ngada, menurut anda?
Ukurannya apa? Kalau tidak berubah, berarti wajah pembangunan di Ngada tidak seperti ini. Perubahan di Ngada selama lima tahun terakhir ini cukup signifikan. Semua sektor pembangunan mengalami peningkatan. Kita mesti jujur menilai. Obyektiflah. Kalau Bupati gagal, berarti DPRD juga gagal. Bupati itu hanya nama. Yang buat kebijakan pembangunan itu sistem. Ada Bupati, ada DPRD. Kalau Bupati gagal, ya DPRD juga gagal.

Sebutkan indikator keberhasilan Pit Nuwa?
Ketika pertama kali menjabat sebagai Bupati, PAD kita hanya 11 miliar. Sekarang sudah menjadi 17 miliar. Isolasi ke kampung-kampung sudah di buka. Sarana jalan dan jembatan sudah baik. Bahkan jalan hotmix sampai di kampung-kampung. Akibatnya, geliat ekonomim meningkat. Bahwa ada yang belum beres, itu betul. Tapi mesti juga tahu bahwa kemampuan anggaran kita sangat terbatas. 95 persen anggaran kita masih disuplai dari Pemerintah Pusat (Pempus). Kita mesti realistis.

Saran anda?
Kalau menilai, harus obyektif. Barometer untuk mengukur kinerja Bupati mesti jelas. Jangan asal omong. Kalau usul jangan asal. Kalau asal jangan usul. Kalau mau tanya Pit Nuwa berhasil atau tidak, mesti tanya juga DPRD. Karena apa yang dikerjakan oleh Pit Nuwa itu diputuskan oleh DPRD. Jangan bunuh karakter Pit Nuwa dengan opini yang tidak berbobot. Tidak ada kebijakan yang pak Pit Nuwa eksekusi sendiri. Betul bahwa Bupati itu eksekutor, tapi Bupati itu hanya mengesekusi kebijakan yang diputuskan DPRD.

Kira-kira apa yang melatari hingga Pit Nuwa begitu dibenci oleh sejumlah elit politiki di Ngada?
Saya kurang tahu. Tapi kritik yang dilontarkan oleh sejumlah politisi itu sangat berlebihan. Pit Nuwa dicap tidak mampu. Nol besar. Dan lain sebagainya. Mata ada taruh dimana, sampai tidak bisa melihat perubahan yang ada. Pit Nuwa bukan Bupati keluarga. Bukan Bupati Tim Sukses. Bagaimana dia harus bertemu semua orang yang dukung dia saat Pilkada Ngada 2005-2010. Jangan berpikiran sempit. Dia itu Bupati Ngada. Ingat itu. Yang harus dilayani adalah semua masyarakat Ngada. Jangan karena dulu pernah menjadi tim sukses, lalu pak Pit Nuwa mesti melayani secara khusus. Itu tidak mungkin.

Apakah dengan begitu anda menilai Pit Nuwa masih layak dipilih sebagai Bupati?
Itu hak rakyat. Jangan tendensius. Hormati dia sebagai saudara. Hargai haknya untuk mengikuti Pemilukada Ngada. Soal hasilnya, keputusan mutlak ada di tangan rakyat. Jangan karena ada kepentingan politik tertentu, lalu Pit Nuwa dibantai. Itu tidak manusiawi. Jangan karena sebagai tim sukses paket tertentu, lalu paket lain dihajar. Kita cari pemimpin yang berkualitas. Bukan cari pemimpin berdasarkan sentimen primordial. Semangat bahwa Bupati dan Wakil Bupati Ngada harus paket yang memenuhi fariabel Golewa-Bajawa, Bajawa-Riung, Golewa-Riung tidak perlu ada. Itu semangat politik yang tidak mendidik.

Apa yang mesti dikerjakan oleh Bupati dan Wakil Bupati 2010-2015?
Ganti rezim bukan berarti ganti program. Program sudah ada. Sudah ditetapkan oleh DPRD. Bupati datang tinggal lanjutkan. Karena itu, siapa pun yang menjadi Bupati dan Wakil Bupati nanti, dia tinggal melanjutkan program yang sudah ada. Bahwa ada program khusus yang mesti dijalankan sesuai visi misinya, itu iya. Tapi merombak total program pembangunan yang sudah ada, tidak bisa.

Bagaimana penilaian anda terhadap kinerja Pit Nuwa selama ini?
Baik. Sangat baik. Kebijakan yang dikeluarkan selalu adil. Dengan anggaran yang terbatas dia mampu memanage pembangunan di Ngada. Bahwa ada yang sudah dan ada yang belum, itu betul. Penyebabnya bermacam-macam. Salah satunya karena keterbatasan dana yang kita miliki. Kritik boleh. Asal tepat sasaran. (*)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.