Gubernur NTT Minta Para Kades Buat Program Strategis


sergapntt.com [KUPANG] – Kepala Desa (Kades) memiliki peran yang penting dan strategis dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di daerah ini. Karena itu, para Kades harus punya cita-cita dan mimpi yang besar untuk membangun dan memajukan desanya.
”Desa itu maju bukan karena bupati atau gubernur tapi karena Kades dan seluruh masyarakat yang ada di desa tersebut,” tandas Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya saat menutup dengan resmi Pelatihan Tata Kelola Desa/Kelurahan Bagi Pemerintah Desa/Kelurahan Dalam Mendukung Pelaksanaan Program Desa Mandiri Anggur Merah di NTT di Aula Hotel Romyta Kupang, Kamis malam (16/2).
Menurut Gubernur, sebagai seorang Kades harus mengetahui dengan pasti potensi sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber-sumber pendapatan lainnya untuk membiayai seluruh proses pembangunan yang ada di desa.
”Kadang jadi Kades hanya urus administrasi. Sekarang seorang Kades dituntut untuk urus lebih banyak lagi,” kata Gubernur.
Seorang Kades juga sebut Gubernur, harus tahu bisa membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa yang memuat berbagai program, kegiatan, rencana dan anggaran yang dibutuhkan di desa.
”Saya minta dalam perencanaan desa harus akomudir kebutuhan-kebutuhan masyarakat dan bukan keinginan-keinginan masyarakat yang ada di desa. Karena itu, buatlah program yang strategis dan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat,” ucap Gubernur, dan berpesan, ”Pulanglah ke desa dan laksanakan dengan baik ilmu yang didapat dari pelatihan ini.”
Jika masih ada Kades yang belum paham dalam mengurus desanya, Gubernur meminta kepada para Kades untuk tidak malu-malu bertanya kepada para Kades yang lain.
”Jika masih ada kesulitan tanya pada Kades yang lain. Kadang-kadang jadi pemimpin sudah rasa hebat sendiri. Tidak usah malu untuk tanya kepada Kades yang lain,” ujar Gubernur dan menambahkan, ”Dalam masa kepemimpinan ini dirumuskan perencanaan pembangunan berbasis desa.”
Gubernur menjelaskan, kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu cara atau strategi untuk menyukseskan pelaksanaan Program Desa / Kelurahan Mandiri Anggur Merah.
”Kita punya cita-cita agar rakyat NTT yang ada di desa-desa tidak miskin lagi. Kami mempunyai komitmen yang kuat untuk membangun daerah ini dari desa. Karena itu, Kades harus punya cita-cita dan mimpi yang besar. Hanya orang yang punya cita-cita besar yang mampu melahirkan karya yang besar,” kata Gubernur, memberi motivasi dan disambut tepuk tangan para Kades.
Menurut Gubernur, berpikir dan bercita-cita besar bukan untuk menyombongkan diri. ”Sombong untuk apa ? Tetapi berpikir besar adalah untuk meneguhkan komitmen kita untuk membangun dan memajukan daerah ini. Bebaskan pikiran kita dari hal-hal yang negatif. Ajar rakyat di desa-desa untuk berpikir besar dan kelola pangan lokal yang bergizi sehingga bisa diolah dan dikonsumsi secara lebih bermartabat,” tegas Gubernur.
Seperti diketahui kegiatan pelatihan ini diikuti 69 Kades yang berasal dari Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, TTU, Belu, Rote Ndao, Sabu Raijua dan Kabupaten Alor. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Australia Indonesia Partnership for Desentralisation (AIPD), Yayasan Pikul Kupang dan Bappeda Provinsi NTT.
By. VERRY GURU

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?