Pembangunan Mulai dari Kelurahan


sergapntt.com [KUPANG] – Bagi Nikolaus Ladi, Kota Kupang ibarat “mutiara yang masih terbenam”. Sumber Daya Manusia (SDM) dan kekayaan alam yang dimiliki belum dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat. Ketersediaan lahan yang luas, aset wisata yang unik dan menarik, serta berkelimpahan potensi kelautan menjadi sia-sia hanya karena belum dikelola secara profesional.
Kepemilikan SDM dan alam yang kaya di Kota Kupang tidak sebanding dengan realita indeks pembangan manusianya. Setidaknya tercermin dari angka kemiskinan yang masih tinggi dan pengangguran yang masih membludak. Kondisi ini menggambarkan bahwa pemerintah dan masyarakat Kota Kupang belum mampu membebaskan diri dari belenggu kemiskinan dan pengangguran.
Menurut Niko, akar dari semua masalah yang menghimpit rakyat Kota Kupang adalah kemiskinan. Karena miskin, maka rakyat tak mampu mencukupi kebutuhan pangan, membiayai pendidikan, kesehatan, perumahan, pakaian, transportasi, informasi dan jasa secara memadai.
Oleh karena itu, Kupang kedepan harus dibangun dengan perhatian utama pada bidang ekonomi. Pembanguan ekonomi harus difokuskan pada sektor pertanian (agribisnis) dan pariwisata (agrowisata). Pembangunannya pun harus dimulai dari kelurahan.
Sebagai warga Kota Kupang, Niko sangat sedih dan prihatin kala melihat kemampuan ekonomi kebanyakan warga Kota Kupang yang masih terseok-seok. Padahal di belahan dunia lain, warga kota sangat menikmati hidup.
Sebenarnya Niko punya solusi, tapi ia sadar ia tak punya kuasa untuk memuluskan solusinya. Maklum di Indonesia jalan perubahan yang terbaik dan tercepat hanya bisa dilalui melalui jalur politik. Itu sebabnya, satu-satunya cara agar bisa langgeng menggiring warga Kota Kupang menuju masyarakat yang mandiri adalah melalui pintu suksesi wali kota dan wakil wali kota Kupang periode 2010-2015.  (*)
Daftar Riwayat Hidup
Nama: Nikolaus Ladi
TTL: Koli Baru, Nangapenda, Ende 27 Januari 1972
Agama: Katholik
Alamat: Jl. Jalur 40 Rt25Rw10 Sikumana Maulafa Kupang
Pendidikan: SDN Oja, SMP El Tari Kupang, SMAN 05 Kupang, S1
Pekerjaan: Wiraswasta
Istri: Maria Bernadete Budi Gapung
Anak: Maria Yohaniastin Ngengo, Gregorius Barbarigo Gani, Alberto Paulino Josi Ladi

By. CHRIS PARERA

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?