2013, AS Akan Tarik Pasukan Tempur dari Afghanistan


sergapntt.com, KABUL – Tak lama lagi pasukan Amerika Serikat (AS) akan menghentikan misi tempurnya di Afghanistan. Pemerintah AS berencana mengakhiri misi tempurnya di Afghanistan secepatnya pada pertengahan 2013 mendatang dan beralih ke misi pelatihan. 

“Semoga pada pertengahan hingga akhir 2013, kita akan bisa membuat transisi dari peran tempur ke peran pelatihan tempur, sebagai penasehat dan memberikan bantuan,” kata Menteri Pertahanan AS Leon Panetta, seperti diberitakan AFP, Kamis (2/2/2012).

Hal ini merupakan sinyal yang kuat bahwa Gedung Putih ingin mengakhiri perang yang telah diwariskan oleh pemerintahan sebelumnya. Sebelumnya, pasukan AS juga telah ditarik dari Irak pada Desember 2011 lalu.

Panetta mengatakan Washington ingin melihat semua sekutu NATO di Afghanistan, termasuk Prancis menghormati timeline NATO.

“Kita masuk ke sana bersama dan kita akan keluar dari sana bersama. Tapi kita harus melakukannya atas dasar aliansi dan komitmen yang kuat,” kata Panetta.

Panetta menyebut tahun 2013 akan menjadi tahun penting untuk transfer akhir ke pasukan keamanan Afghanistan.

Saat ini hampir 90 ribu tentara AS masih berada di Afghanistan. Dikatakan Panetta, saat ini belum ada keputusan mengenai jumlah pasukan AS yang akan ditempatkan untuk misi pelatihan di Afghanistan pada 2013. Namun pada akhir September mendatang, jumlah pasukan AS akan dikurangi hingga menjadi 68 ribu personel.

by. ser/fiq/ita


Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?