Pencuri Dibawah Rp2,5 juta Tidak Dipenjara


sergapntt.com, JAKARTA – Ini kabar gembira bagi para pencuri, sekaligus peringatan bagi warga dan polisi untuk bersikap waspada terhadap para pencuri kecil-kecilan. Sebab, Mahkamah Agung (MA) telah mengubah Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) tentang batas minimal nilai pencurian dari Rp250 ribu menjadi Rp2,5 juta.
PERMA Nomor 2 Tahun 2012 tersebut menjelaskan bahwa kasus pencurian yang nilainya di bawah Rp2,5 juta tidak perlu dijatuhi hukuman penjara.
Menurut Ketua MA, Harifin Andi Tumpa, PERMA itu dibuat untuk menghindari terulangnya vonis putusan pencurian sendal jepit atau pencuri piring seperti Rasminah.
“Kasus pencurian dengan nilai di bawah Rp2,5 juta kini masuk kategori tindak pidana ringan (tipiring),” katanya usai pembacaan laporan tahunan 2011 di Gedung MA Jakarta, Selasa (28/2/12).
Keluarnya Peraturan MA (Perma) Nomor 2/2012 mengubah batas minimal nilai pencurian yang masuk tipiring.
Sebelumnya yang disebut tindak pencurian ringan yang nilainya kurang dari Rp250 ribu. “Sehingga nanti akan memudahkan proses penyelesaian kasus pencurian. Jadi tidak perlu bolak-balik ke pengadilan hanya urusan mencuri kakao atau sendal jepit,” tegasnya.
Harifin mengatakan, PERMA tersebut bisa dibilang langkah revolusi MA untuk memperbaiki proses penegakan hukum di Indonesia. Selain itu, menurutnya, PERMA ini masih bisa ditingkatkan statusnya menjadi undang-undang.
“Jika pemerintah dan DPR RI serius untuk mencari keadilan di negeri ini, bisa saja diubah menjadi Perpu atau UU,” tegasnya.


by. santi/che

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?