Lamafa Tewas Dikibas Ikan Paus


sergapntt.com, LEWOLEBA – Budaya berburu ikan paus di Lamalera, Lembata kembali memakan korban. Kali ini Lamafa atau Juru Tikam Ikan Paus bernama Gregorius Kelake Tapoona (40), warga Desa Lamaera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata  tewas dikibas ikan paus yang baru saja ditikamnya.

Awalnya, Gregorius bersama sejumlah nelayan Lamarela melakukan Baleo atau mengejar ikan paus pada Kamis, 1 Maret 2012. Setelah berhasil mendekai gerombolan ikan paus, Gregorius langsung menikam salah satunya. Korban yang dipilih pun tak main-main, yakni ikan dengan panjang sekitar 20 meter dan memiliki bobot sekitar lima ton. Namun tikaman dengan menggunakan tombak itu tak membuat target langsung terkapar. Ikan justu meronta dan mengibas-ngibaskan ekornya. Tak pelak perahu yang ditumpangi Gregorius cs terkena kibasan ekor ikan paus.

Gregorius yang berada diburitan kapal tak luput pula dari kibasan ekor ikan paus itu. Akibatnya,Sang Lamafa itu mengalami luka sobek di bagian perut cukup serius. Ia kemudian dibawa ke daratan dan langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat. Di Puskemas Wulandoni itu Gregorius sempat dirawat selama sehari. Tapi ia akhirnya meninggal akibat pendarahan yang luar biasa.

“Dia (Gregorius) melompat dan menikam paus itu, setelah menikam paus meronta dan mengenai korban,” ujar Bosko Bataona, kerabat Gregorius.

By. ENDO

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?