Gemala Jangan Hanya Di Atas Kertas!


sergapntt.com, KUPANG – Program Gerakan Masuk Laut (Gemala) yang dicanangkan Pemerintah Provinsi NTT diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Sayangnya hingga kini belum menunjukkan hasil yang maksimal. Program ini tidak direalisasikan dengan baik dan seperti program di atas kertas.
“Jangan hanya buat program di atas kertas tapi harus direalisasikan.”
Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiskus Salem, SH, M.Si, pada acara Rapat Evaluasi Pelaksanaan Gemala 2011 dan Perencanaan Pelaksanaan Gemala Tingkat Provinsi NTT tahun 2012 di ruang rapat Sekda NTT, Rabu (7/3).
Sekda mengatakan, mencermati aktivitas ekonomi masyarakat NTT sampai saat ini hasil lautnya cenderung ‘dimotori” oleh orang-orang luar NTT seperti orang Sulawesi.
“Hal ini sangat disayangkan. Karena itu diperlukan kerja ekstra dari setiap instansi terkait untuk mendorong pola pikir kehidupan masyarakat di darat agar dapat dilakukan juga di laut,” kata Sekda.
Menurut Sekda, sebenarnya sudah banyak program Gemala dilakukan hanya tidak terexpose dengan baik. Untuk itu kata dia, perlu dievaluasi sejauh mana program ini sudah dilaksanakan, bagaimana implementasinya dan hambatannya seperti apa.
“Gemala tidak sekadar gerakan moral tapi juga harus ada sesuatu yang nampak atau menonjol dari kegiatan ini. Dan, mari kita lakukan program Gemala ini dengan baik untuk kemajuan pembangunan ekonomi di daerah tercinta ini,” ajak Sekda NTT.
Sementara Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLHD) Provinsi NTT, Drs. Alexander Oematan, M.Si mengatakan, Gemala selain kegiatannya menangkap ikan juga perlu melakukan pembenahan terhadap lingkungan agar tetap berkelanjutan serta perlu penataan pemukiman pesisir pantai seperti yang sudah dilakukan oleh BLHD NTT yaitu rehabilitasi hutan mangrove dan pembuatan terumbu karang buatan.
Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTT, Drs. Abraham Klakik mengatakan, perlu adanya pemanfaatan laut secara baik karena laut banyak memiliki potensi dengan memberdayakan ekonomi masyarakat di sekitar pantai. Untuk itu sebut Klakik, potensi wisata bahari yang ada di wilayah kabupaten agar dipelihara dengan baik karena  di tahun 2011 terdapat 11 kabupaten, 16 kecamatan dan 26 desa telah memperoleh dana Rp 70 sampai Rp 100 juta.
“Saya berharap tahun 2012 ini penataan potensi laut wisata bahari bisa tercapai,” ucap Klakik, apa adanya. 
by. verry guru

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?