Unicef Kolaborasi Dengan “Anggur Merah”


sergapntt.com, KUPANG – Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Unicef (United For Children) dalam bentuk bantuan dan kemitraan seperti sarana air minum perpipaan di Desa Mandiri Anggur Merah, Desa OeEkam, Kabupaten TTS dan dukungan program gizi di NTT.
Hal tersebut disampaikan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya saat menerima pimpinan Unicef Perwakilan NTT, dr. Gregorius Fernandez Mau Bili, M.Ph di ruang kerjanya, Rabu (7/3).
Lebih lanjut Gubernur mengatakan, gizi buruk di NTT harus diberi perhatian serius, salah satu cara dengan berdayakan pangan lokal dan tidak selalu dengan mengkonsumsi beras tetapi ada jagung, ubi dan pisang.
“Kita tidak harus makan nasi, kita harus bisa mengelola bahan pangan, karena gizi yang terkandung didalamnya cukup,” kata Gubernur.
Selain gizi buruk ada juga permasalahan lain seperti penyediaan air minum dan perlindungan anak.
“Mencari sumber mata air memang susah, untuk itu perlu ada inovasi dalam menciptakan air bersih atau air minum,” ujar Gubernur Lebu Raya.   
Gubernur mengharapkan perhatian dan dukungan dari Unicef untuk daerah NTT dalam mewujudkan pelayanan kesehatan, gizi buruk, sarana air bersih dan sanitasi yang aman serta sistem perlindungan anak berbasis masyarakat.  
Sementara itu pimpinan Unicef Perwakilan NTT, Gregorius Fernandez Mau Bili mengatakan, Unicef telah membuat penelitian tentang penyebab kurang gizi, asupan makanan dan penyakit.
Menurut dia, salah satu dukungan program gizi yaitu melalui penguatan kapasitas teknis konseling petugas kesehatan dan kader posyandu atau PKK.
“Air minum juga menjadi salah satu prioritas utama Unicef. Untuk itu di buat proqgram pembangunan perpipaan sambungan rumah atau kran umum di 9 desa dan 5 kabupaten, yang juga merupakan lokasi Desa Mandiri Anggur Merah,” papar mantan Wakil Bupati Belu itu.
by. verry guru

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?