CNRT Dukung Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Timor Leste


sergapntt.com, DILI – Partai Congresu Nacional de Reconstrusaun Timorense (CNRT), akhirnya resmi mengumumkan dukungannya kepada mantan Panglima Angkatan Bersenjata Timor Leste, Jenderal Taur Matan Ruak sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilu yang bakal digelar pada 17 April 2012 mendatang.   
Dukungan ini disampaikan Ketua Umum CNRT, Kay Rala Xanana Gusmao melalui Sekjen CNRT, Dionisio Babo dan Ketua Komisi Politik Nasional CNRT, Francisco Kalbuady dalam jumpa pers di di markas besar CNRT yang terletak di kawasan Bairo Dos Grilos, Dili.
Babo menjelaskan, ada sembilan alasan mengapa CNRT mendukung Taur Matan Ruak. Dua diantaranya adalah Taur Matan Ruak merupakan kandidat independen, dan Taur Matan Ruak telah lebih dari 24 tahun bersama rakyat Timor-Leste menjaga stabilitas keamanan.  
“Keputusan ini merupakan keputusan partai yang telah diambil dalam sebuah konferensi besar CNRT yang telah dilaksanakan tanggal 11-12 Januari di Dili,” kata Babo. 
Keputusan CNRT itu juga diambil setelah menimbangkan keputusan Pengadilan Banding Timor-Leste yang telah mengumumkan secara resmi 13 Capres TL periode 2012-2017. “Karena itu, CNRT mengambil keputusan untuk mendukung pencalonan Taur Matan Ruak sebagai Presiden TL, periode 2012-2017,” kata Babo lagi. 
Menurutnya, keputusan ini merupakan keputusan resmi partai CNRT yang telah disahkan Ketua Umum CNRT, Kay Rala Xanana Gusmao.
Menjawab pertanyaan soal perubahan dukungan sejumlah pengurus dan simpatisan CNRT ke capres yang lain, Francisco Kalbuady mengatakan, hal itu merupakan keputusan bersifat pribadi. “Itu bukan atas nama partai. Dan, CNRT tidak akan mengambil langkah tegas terhadap pendukungnya. Itu merupakan bagian dari demokrasi,” jelas Kalbuady.
Selain Taur Matan Ruak, 12 kandidat capres lainnya yakni Ramos Horta (saat ini masih menjabat sebagai Presiden Timor Leste), Manuel Tilman (diusung Partai KOTA), Fransiko Guterres (Fretilin), Rogerio Tiago de Fatima Lobato (independen), Maria do Ceu da Silva Lopes (independen), Angelita Maria Fransisca Pires (independen), Fransisco Gomes (independen), Jose Luis Guterres (Partai Frenti-Mundaca yang kini menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Timor Leste), Abilio da Conceicao Abrantes de Araujo (Partai Partido Nacional Timorense), Lucas da Costa (indepeden), dan Mario Fernando de Araujo Lasama (Partai Demokrat).
Saat ini tahapan pemilu presiden di Timor Leste sudah memasuki masa kampanye yang digelar sejak 29 Februari sampai 14 Maret 2012. Pelaksanaan pemilu presiden putaran pertama akan dilakukan pada 17 Maret 2012. Putaran kedua digelar 3 April 2012. Sedangkan pemilu parlamen memilih 65 kursi di parlamen nasional pada Juni 2012 mendatang.
by. armindo 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?