Sepenggal Harapan Menteri dari Konreg PU NTT


sergapntt.com, KUPANG – Menteri Pekerjaan Umum RI, Djoko Kirmanto mengatakan Konsultasi Regional (Konreg) Kementerian Pekerjaan Umum Wilayah Timur Tahun 2012 merupakan forum penting untuk mengkoordinasikan dan membahas persiapan program PU dan  pemukiman tahun 2013.
“Konsultasi Regional (Konreg) ini sangat penting sebagai forum untuk mengkoordinasikan dan membahas persiapan penyusunan program pembangunan infrastruktur PU dan Permukiman Tahun 2013,” ujar Djoko Kirmanto saat membuka Konreg NTT 2012 di Aula Utama El Tari Kupang, Rabu (14/3/12) kemarin.
Lebih lanjut Menteri PU menyampaikan, forum Konreg ini diharapkan dapat mensinergikan sumber daya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah melalui sinkronisasi program dan kegiatan penyelenggaraan bidang Pekerjaan Umum dan berbagai sektor lainnya tahun 2013 berdasarkan Tata Ruang Wilayah (RTW).
Sementara itu Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya dalam sambutannya menyampaikan, infrastruktur PU dan Pemukiman memegang peranan penting dan vital dalam mendukung ekonomi, sosial-budaya, kesatuan dan persatuan terutama sebagai modal sosial masyarakat dalam memfasilitasi interaksi dan komunikasi di antara kelompok masyarakat serta mengikat dan menghubungkan antar daerah yang ada di Indonesia.
“Menyadari arti penting peran startegis infrastruktur, maka pembangunan infrastruktur (termasuk infrastruktur PU dan Pemukiman) di NTT telah ditetapkan menjadi salah satu agenda strategis dai Delapan Agenda Strategis Pembangunan NTT sebagaiman tertuang dalam RPJM Daerah Tahun 2009-2013,” jelas Gubernur. 
Sedangkan Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTT, Ir. Andre W. Koreh, MT menyampaikan, Konreg ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Program Pembangunan Bidang Pekerjaan Umum dan Permukiman melalui koordinasi, sinkronisasi dan sinergi antar kegiatan Pemerintah Pusat dan Daerah Tahun 2013.
Sedangkan keluaran yang akan dihasilkan, kata dia, antara lain review pelaksanaan program tahun 2012 dan persiapan laporan bulan April; kebutuhan pembangunan bidang Pekerjaan Umum dan Permukiman di provinsi yang selaras dengan arah kebijakan nasional dan isu-isu strategis daerah, termasuk inisiatif baru yang mengakomodasi isu-isu strategis antara lain dukunang terhadap MP3EI, MP3KI termasuk Program Klaster-4, Ketahanan  Pangan, Air Baku dan Penanggulangan Banjir.
Seperti diketahui jumlah peserta Konreg Wilayah Timur sebanyak 400 orang, yang meliputi peserta dari 13 Provinsi di wilayah Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua serta peserta pusat. Unsur peserta terdiri dari Bappeda Provinsi, Dinas Bidang PU dan Permukiman Provinsi, Balai wilayah Sungai, Balai Pelaksanaan Jalan nasional dan Satker Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Provinsi serta Kepala Badan Pengelola KAPET.
by. verry guru/ronald nope

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?