Berkumpul Sambil Salurkan Bakat


TIMORense – Saat ini anak muda di Kota Kupang seperti terserang demam dance, khususnya shuffle dance, di era ’80-an kita mengenal tarian Break Dance, kini anak-anak muda di hampir seluruh belahan dunia, tengah menggandrungi tarian Shuffle Dance. Walau pun hanya menjadi pengulangan tren, namun ternyata gerakan Shuffle Dance punya banyak manfaat selain hanya menjadi lifestyle.
Salah satu komunitas dance yang ada di kota Kupang adalah yang bermarkas di kelurahan merdeka ini, yang memiliki tiga grup dance. Saat disambangi di tempat latihannya, pemimpin sekaligus koreografer di komunitas ini, Dance Raioan, menjelaskan komunitas ini memiliki 3 grup dance, yakni Mr. Bos, Star One dan EOF.
Dance mengisahkan komunitas ini terbentuk pada tahun 2011 lalu. Ia dan beberapa orang temannya yang sama-sama menyukai dance-lah, yang membuat komunitas ini akhirnya terbentuk. Atas hobi yang sama ini lah, maka ia bersama teman-temannya yang biasa duduk kongkow bersepakat untuk membentuk komunitas dance. “sebenarnya ini awalnya kami hanya kumpul-kumpul saja, lalu karena ada kesamaan hobby maka kami sepakat untuk membuat grup dance di sini”, tutur Dance.
Ia menjelaskan, grup dance Mr. Boss dan Star One dikhususkan untuk modern dance, sementara grup EOF khusus untuk shuffle dance. Ia menuturkan Mr. Boss dan Star One masing-masing beranggotakan 5 orang, sementara untuk grup EOF yang khusus belajar gerakan shuffle dance terdiri dari 9 orang.
Khusus untuk shuffle dance, menurut dance, ia dan teman-temannya belajar secara otodidak dan juga mempelajarinya lewat video-video shuffle dance. “Kami belajar otodidak, dilihat dari video-video shuffle yang kami dapatkan. Juga bisa dari ide-ide baru teman-teman semua,” tutur Radit dengan gaya bicaranya yang khas.          
Gerakan shuffle dance ini menurut Dance, merupakan gerakan yang begitu dinamis. Berdasarkan informasi yang pernah ia baca bahwa, 5 menit bershuffle dinilai sama seperti 30 menit Treadmill. Tentu saja hal ini menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi para shuffler – sebutan bagi penari shuffle – yang memiliki bobot tubuh berlebih.
“Coba bayangkan, hanya dengan 5 menit kita menarikan tarian shuffle, tubuh kita akan membakar ribuan kalori yang pastinya bermanfaat mengurangi timbunan lemak di tubuh. Selain itu, Shuffle Dance sendiri dapat dilakukan oleh siapapun, dimanapun. Terlebih saat kita sedang stres akibat tekanan pekerjaan ataupun tumpukan tugas” tutur pemuda yang sempat menjadi koreografer di Jogjakarta ini.
Dance menjelaskan, Shuffle merupakan gaya tari, yang berasal dari Melbourne Underground Scene, Australia. Artinya sendiri yaitu menyeret kaki, gerakan Shuffle Dance ini menitikberatkan pada gerakan kaki dan tumit sehingga terlihat menempel di lantai.
“Kami biasanya kumpul bareng tiga kali seminggu. Kegiatan rutin ini diisi dengan latihan gaya-gaya shuffle yang baru.” Ujar Dance kepada TIMORense.
Ditanya mengenai prestasi, Dance dan personil lainnya ikut menjawab. “Komunitas dance ini pernah mengikut lomba-lomba dance, yang diselenggarakan di Kota Kupang, dan mendapatkan title juara. Seperti lomba dance yang diselenggarakan oleh Novanto Center, yang mana grup Mr. Boss meraih juara II dan sedangkan dalam pentas seni mercusuar, Grup Star One, pernah meraih juara III.
Selain itu, komunitas ini juga sering diundang tampil atau mengisi acara untuk even-even hiburan, misalnya kami pernah tampil di Taman Budaya, Taman Nostalgia dan arena pameran Fatululi serta beberapa tempat lainnya. Komunitas ini ditujukan untuk express, mengekspresikan diri dengan kebebasan. Bukan inpress, untuk mengoleksi penghargaan. Pada dasarnya komunitas ini dibentuk untuk menyalurkan hobby dan saling berbagi.
by. wesly jacob

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?