Makna dan Hukum Maulid Nabi Muhammad SAW


sergapntt.com, TIMORense – Pada tanggal 12 Robiul Awwal 1433 H tepatnya, tanggal 5 Februari 2012 kita memperingati hari kelahiran beliau. Nabi Muhammad SAW lahir di kota Mekkah dan wafat di kota Madinah. Beliau lahir dengan penuh keajaiban-keajaiban. Di antara yang saya ketahui ketika lahirnya Nabi Muhammad seluruh pepohonan yang tidak pernah berbuah waktu itu langsung berbuah, api yang tak pernah padam dan menjadi sesembahan warga Majusi, ketika lahir nabi api itu langsung padam. Ketika beliau lahir langsung sujud kepada Allah SWT. Ada lagi ketika beliau lahir sang ibu tak merasakan sakit sedikitpun. Tidak ada darah bercecer bekas melahirkan.
Perayaan Maulid Nabi diperkirakan pertama kali diperkenalkan oleh Abu Said al-Qakburi, seorang gubernur Irbil, di Irak pada masa pemerintahan Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (1138-1193). Adapula yang berpendapat bahwa idenya justru berasal dari Sultan Salahuddin sendiri. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, serta meningkatkan semangat juang kaum muslimin saat itu, yang sedang terlibat dalam Perang Salib melawan pasukan Kristen Eropa dalam upaya memperebutkan kota Yerusalem dan sekitarnya.
Masyarakat muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian. Menurut penanggalan Jawa Bulan Rabiul Awal disebut Bulan Mulud, dan acara Muludan juga dirayakan dengan perayaan dan permainan gamelan Sekaten.
Terdapat beberapa kaum ulama yang berpaham Salafi dan Wahhabi yang tidak merayakannya karena menganggap perayaan Maulid Nabi merupakan sebuah bid’ah, yaitu kegiatan yang bukan merupakan ajaran Nabi Muhammad SAW. Mereka berpendapat bahwa kaum muslim yang merayakannya keliru dalam menafsirkannya sehingga keluar dari esensi kegiatannya. Namun demikian, terdapat pula ulama yang berpendapat bahwa peringatan Maulid Nabi bukanlah hal bid’ah, karena merupakan pengungkapan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.
Meskipun mengetahui sejarah dan mengenal Nabi Muhammad SAW. adalah wajib bagi kita bangga. Karena beliau adalah rahmat bagi seluruh alam semesta dan selalu mengenang beliau adalah tugas kita namun tidak berarti kemudian kita diperbolehkan untuk memuji dan menyanjungnya secara berlebih-lebihan dan tidak berarti kita boleh mengenangnya dengan melakukan perilaku dan amalan yang justru hal itu tidak pernah dilakukannya dan tidak dianjurkan olehnya.
Seperti yang dilakukan oleh orang-orang sekarang mereka merayakan maulid Nabi yang mereka sebut dengan peringatan maulid Nabi dengan melakukan berbagai amalan dan perbuatan yang justru hal itu bernilai berlebih-lebihan dalam memuji Nabi atau bahkan merupakan hal baru yang mereka ada-adakan.
Lebih dari itu sebagian perilaku mereka itu ada yang termasuk dalam kategori kesyirikan yaitu apabila mereka memuji Rasulullah. dengan sanjungan-sanjungan dan pujian-pujian yang berisi bahwa Rasulullah. Mampu melakukan hal-hal yang seharusnya hanya hak dan kekuasaan Allah.
Walaupun tujuan merayakannya adalah ibadah namun karena tidak ada tuntunannya maka perbuatan itu sia-sia belaka dan justru berubah menjadi dosa dan pelanggaran. Karena ibadah itu harus dibangun dengan dalil yang menunjukkannya.
Mengapa memperingati dan mengenang Rasulullah, harus dilakukan sekali dalam setahun padahal sebagai muslim harus selalu mengenang Nabi dan meneladaninya dalam segala aspek kehidupannya. Bahkan minimal seorang muslim harus menyebut nama Nabi Muhammad SAW. lima kali dalam sehari semalam yaitu pada syahadat dalam salat wajib.
Mengagungkan dan mencintai Nabi adalah sesuatu yang terpuji dan dianjurkan dalam Islam tapi dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah. Rasulullah melarang umatnya melakukan sesuatu yang tidak pernah dicontohkan olehnya dalam segala hal.
Bagaiamana mungkin orang yang mengaku mencintai dan menyanjung akan tetapi justru melakukan sesuatu yang sangat dibenci olehnya.
Allahu A’llam Bissawab.
By. Rhusdy Maga

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?