Pejabat Pemprov NTT Ketar-Ketir Tunggu Mutasi


sergapntt.com, KUPANG – Sinyalemen akan adanya mutasi para pejabat di lingkup Pemprov NTT ternyata membuat sebagian pejabat eselon II, III dan IV ketar-ketir. Mereka penuh tanda tanya, dipromosi atau dicopot. Tapi semua itu tergantung hasil Pemilukada Kota Kupang 1 Mei 2012 nanti. Loh koq?
Ya, santer terdengar mutasi akan dilakukan setelah pemilukada. Dari situ akan dilihat siapa-siapa saja pejabat yang loyal terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Esthon Foenay (FREN). Maklum FREN sedang getol memenangkan pasangan walikota dan wakil walikota Kupang periode 2012-2017 yang diusung PDIP dan GERINDRA, yakni Jefri Riwu Kore dan Kristo Blasin (Jeriko).
Hampir semua pejabat dikerahkan untuk mendukung Jeriko. Jika terendus loyal, maka yang bersangkutan akan diberi jabatan. Tapi jika tidak, maka suka tidak suka harus siap di non jobkan. Ahayyyy mati suuuu,,,!
Sebenarnya mutasi telah dilakukan akhir Februari 2012 lalu. Bahkan Gubernur pun telah nyatakan itu. Tapi karena ada pejabat yang “main” dua kaki alias mendukung Jeriko sekaligus mendukung paket lain, akhirnya rencana mutasi di stop.
Padahal per 1 Februari 2012 lalu, terdapat dua pejabat eselon II yang pensiun, yakni Kepala BNN NTT, Ny. Pratini Harjokusumo, SH, M.Si, dan Kadis Perindag NTT, Drs. Yoseph Lewokeda. Sedangkan  Kadis Perikanan dan Kelautan NTT, Ir. Ana Salean, M.Si telah pensiun sejak 1 Januari 2012.
Jabatan lowong lainnya adalah Kepala Biro (Karo) Administrasi Pembangunan (AP) dan Karo Urusan Pegawai (UP) Setda NTT yang ditinggal alm. Karolus Kia, SH yang meninggal akibat sakit pada 16 Januari 2012 lalu.
Jabatan yang baru diisi adalah Sekretaris KPU NTT, dan sekarang dijabat oleh Ubaldus Gogi.  
Info dari Baperjakat NTT menyebutkan, Kepala BNN bakal dijabat oleh Drs. Aloysius Dengi Dando (kini Karo Kesra Setda NTT), Kadis Perindag, Kanis Beka, SH (sekarang Karo Umum Setda NTT), Kadis Perikanan dan Kelautan NTT, Ir. Fredik Tilman (sekarang Kepala Badan Arsip NTT), Karo Administrasi Pembangunan Setda NTT, Drs. Abraham Maulaka (Sekarang salah satu kabag di Biro AP, Kepala Badan Arsip NTT, Ir. Wayan Darmawa, MT (sekarang Kepala Bappeda NTT), Kepala Bappeda NTT, Drs. Os Toda (sekarang Karo Keuangan Setda NTT), Karo Keuangan Setda NTT, Drs. Elias Hali Lanan (sekarang Kebag perbendaharaan Biro Umum Setda NTT), dan Karo UP, Beni Wahon, S.Sos, MM (sekarang salah satu Kabag di Biro AP).
Tak hanya itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata NTT, Drs. Abraham Klakik juga diisukan bakal diganti oleh Kepala UPTD Taman Budaya NTT, Dra. Yohana Liwu Lango. Abraham dinilai kurang kreatif memanage pariwisata NTT. Di jabatan baru nanti, Abraham akan menempati kursi staf ahli Gubernur NTT.
Sedangkan Eselon III terdapat lima pejabat yang pensiun, yakni Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan NTT, Kepala UPT Sumber Daya Air wilayah Flores (Ir. Anselmus Say, ST), Kabag Mutasi Biro UP Setda NTT (Ny. Susan Ferdinandus, SH), Kabid Penyuluhan dan Pelayanan Badan Arsip NTT (Honorius S. Liko), dan Kepala UPT Dispenda wilayah Rote Ndao, Obed Kaha.Sementara pejabat eselon IV terdapat tujuh orang pensiun.
Frans Lebu Raya pun sempat membenarkan kalau mutasi bakal dilaksanakan pada Februari 2012. Selain untuk penyegaran, mutasi ini juga, kata dia, untuk mengisi jabatan yang lowong.
“Ya,,, kita sedang mengkaji. Kita harapkan, dalam bulan Februari ini, mutasi sudah bisa dilaksanakan,” ujar Frans Lebu Raya kepada SERGAP NTT, Rabu (25/1/12) lalu.
Anehnya, hingga kini mutasi tak kunjung dilaksanakan. “Oww pak gub masih tunggu hasil pilkada. Soalnya sekarang ini ada banyak pejabat yang main dua kaki. Di gubernur ngaku dukung Jeriko, tapi di belakang buat lain. Itu sebabnya gubernur gerah,” ujar salah seorang pejabat loyalis Lebu Raya saat bincang-bincang dengan SERGAP NTT, Jumat (30/3/12).
Hmmm Tuhan Yesus aja dikhianati Yudas, apalagi hanya seorang gubernur. Hhhhhh,,,,! Santai sa eh,,,!
By. CHRIS PARERA

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?