Gubernur Ajak Perangi Kemiskinan


sergapntt.com [KEFA] – Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya mengajak seluruh masyarakat di Provinsi NTT khususnya yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) untuk memerangi kemiskinan yang masih mendera daerah ini.
”Mari kita berjuang untuk mengatasi kemiskinan di daerah ini. Sejak saya dan Pak Esthon Foenay, Wakil Gubernur NTT memimpin daerah ini tahun 2008, angka kemiskinan di NTT sebesar 27,58 %. Data Badan Pusat Statistik (BPS) NTT menyebutkan angka kemiskinan pada September 2011 sebesar 20,48 %. Artinya, kita telah berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 7,10 %. Ini angka yang sangat signifikan,” tandas Gubernur usai mengikuti misa di Kapela Oenopu Kecamatan Insana Kabupaten TTU, Minggu (12/2).
            Gubernur mengaku, pihaknya tengah berjuang dan bekerja keras untuk mengatasi masalah kemiskinan di daerah ini dengan berbagai program.
”Salah satu program unggulan yang diluncurkan sejak tahun 2011 adalah Program Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah dengan mengalokasikan dana Rp 250 juta untuk kegiatan ekonomi produktif yang ada di masyarakat. Dana ini tidak boleh digunakan untuk kegiatan infrastruktur apalagi untuk membeli TNI (tuak nakaf insana) sejenis sopi yang terkenal di Kabupaten TTU,” tandas Gubernur, disambut gelak tawa para umat.
            Kabupaten TTU juga telah mereplikasi Program Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah yang dikenal dengan Program Sari Tani (Desa Mandiri Cinta Petani).
”Ternyata Pak Bupati TTU lebih hebat. Dengan Program Sari Tani setiap desa dialokasi dana Rp 300 juta untuk pengembangan kegiatan ekonomi produktif. Kita semua tentu berharap agar dengan program-program ini akan berdampak pada ekonomi rakyat dan mampu menurunkan angka kemiskinan. Sebab dimana-mana semua orang berkeinginan untuk hidup lebgih baik. Mari dukung program ini. Dukung Pak Bupati dan jajarannya biar TTU bisa lebih cepat maju. Hentikan berbagai konflik pribadi. Mari bersatu hati untuk membangun daerah ini,” pinta Gubernur.
            Gubernur mempercayai, sikap dan semangat masyarakat TTU yang selalu menebar cinta kasih.
”Mari tebarkan cinta kasih dalam membangun daerah ini. Saya percaya dengan semangat kekompakan, persaudaraan dan cinta kasih kita bisa membangun daerah ini lebih baik. Sebagai pemimpin; kita merasa bangga manakala rakyat hidup semakin sejahtera dan daerah ini semakin maju. Saya minta dukungan masyarakat TTU untuk mendukung 4 tekad Pemerintah Provinsi NTT yakni menjadikan NTT sebagai Provinsi Jagung, Provinsi Ternak, Provinsi Cendana dan Provinsi Koperasi,” kata Gubernur.
            Pada bagian lain, Gubernur mengaku, kehadirannya di Kapela Oenopu sebagai wujud nyata untuk memenuhi janjinya kepada Pastor Paroki Santa Maria Nurobo, Pater Pieter Taneo, SVD.
”Saya datang untuk penuhi janji. Karena beberapa waktu lalu Pater datang ke ruang kerja saya dan meminta saya untuk bisa luangkan waktu ikut misa bersama umat di Oenopu sekaligus melihat pembangunan Gereja Santa Maria Nurobo yang sedang dikerjakan. Kita doakan agar pembangunan gereja cepat selesai dan bisa menjadi paroki sendiri,” ujar Gubernur.
            Usai misa, Gubernur bersama rombongan pejabat dari Pemerintah Provinsi NTT ditemani Bupati TTU, Raymundus Fernandes, S.Pt dan Wakil Bupati TTU, Alo Kobes, S.Sos dan sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten TTU meninjau pembangunan gereja Santa Maria Nurobo. Gubernur juga diberi kesempatan untuk melakukan penanaman anakan sukun di depan lokasi gereja. Menurut Gubernur, sukun akan menjadi penyanggah pangan untuk daerah NTT di masa yang akan datang.
            Sebelum pulang ke Kupang, Gubernur sempat mampir ke Desa Oenbit yang merupakan salah satu desa di Kabupaten TTU yang menerima program Desa Mandiri Anggur Merah tahun 2011. Selain memberi motivasi kepada masyarakat dan Pendamping Kelompok Masyarakat (PKM) Desa Mandiri Anggur Merah, Gubernur juga secara simblis memberi cap AMR di punggung sapi bantuan Desa Mandiri Anggur Merah.
By. VERRY GURU

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s