Anggota Menjadi Kunci Sukses Koperasi


sergapntt.com [KUPANG] – Melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) tentunya akan diketahui sejauh mana keberhasilan dan kemajuan koperasi serta langkah dan upaya yang dapat dilakukan oleh pengurus dalam melaksanakan program kerja yang telah ditetapkan.
Keberhasilan dan maju mundurnya suatu kegiatan dalam berkoperasi sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh anggota dan pengurus.
“Kapasitas atau kemampuan diri dari para pengurus dan anggota menjadi kunci sukses suatu koperasi, maka diperlukan kejujuran, rasa tanggung jawab yang besar dalam pelaksanaan tugas dan semangat pelayanan yang lahir dari hati yang tulus,” ucap Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, dalam sambutan pada acara RAT ke-5 Tahun Buku 2011 Koperasi Dewi Gangga, di Aula Pura Oebanantha Kupang, Sabtu (18/02/2012).  
Lebih lanjut Gubernur Lebu Raya mengatakan pelaksanaan RAT bagi Koperasi Dewi Gangga merupakan suatu keharusan yang mutlak dimana akan mengevaluasi kinerja badan pengurus menyangkut laporan keuangan, penyusunan program kerja, serta pengawasan terhadap kinerja badan pengurus.
“Koperasi Dewi Gangga termasuk koperasi yang sehat karena melakukan RAT lebih cepat, saya harap para pengurus dapat membantu anggotanya dalam menemukan pasar yang bagus dan visible,” pinta Gubernur Lebu Raya.        
Koperasi merupakan soko guru ekonomi rakyat namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak pengalaman yang dialami dalam perjalanan yang terkadang menemui kemajuan pesat namun ada juga menemui kemacetan dan kebangkrutan. Hal itu membuat kepercayaan masyarakat menjadi pudar sehingga masyarakat menjadi trauma untuk kembali berkoperasi.
“Saya merasa senang karena tekad saya untuk mengembalikan NTT sebagai provinsi koperasi sudah terwujud, saat ini sudah ada 400 koperasi baru di NTT, dari segi jumlah bertumbuh luar biasa, untuk itu mari kita sama-sama dukung dan dorong agar koperasi terus bertumbuh,” ujar Lebu Raya, seraya menambahkan, “Saya juga menjadi anggota koperasi karena dengan cara itu dapat meyakinkan masyarakat bahwa koperasi sangat berguna.”
Gubernur Lebu Raya berharap para pengelola atau pengurus koperasi akan mampu melahirkan gagasan yang kreatif untuk mencari terobosan-terobosan dalam upaya memajukan koperasi yang dikelolanya.
By. VERRY GURU

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?