Potensi SDA di NTT Belum Memberikan Nilai Tambah


sergapntt.com [KUPANG] – Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup besar dan beragam yang tersebar di setiap daerah, namun sampai saat ini potensi setiap sektor tersebut belum secara optimal dapat memberikan nilai tambah yang signifikan untuk mensejahterakan rakyat dan daerah NTT. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya investasi yang dilakukan di NTT. 
Demikian dikatakan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekda NTT, Ir. Eddy H. Ismail, MM, pada acara  Pekan Pesona Flores dengan tema Maumere In Love, Sabtu (18/02/2012).
Gubernur Lebu Raya mengatakan, berkaitan dengan potensi daerah pada bidang pariwisata, kebijakan Pemerintah Provinsi NTT berkeinginan untuk menjadikan NTT sebagai destinasi wisata nasional, NTT sebagai gerbang wisatawan di selatan Indonesia, NTT akan meningkatkan kunjungan wisatawan menjadi 1 juta ditahun 2013 dan pelaksanaan Sail Komodo tahun 2013.
Gubernur menyampaikan bahwa potensi pariwisata di daratan Flores cukup besar dan tersebar disetiap daerah, seperti kawasan wisata alam dan kawasan wisata budaya akan tetapi potensi wisata yang ada tersebut belum secara signifikan memberikan sumbangan yang berarti dalam meningkatkan perekonomian NTT yang salah satunya disebabkan oleh infrastruktur pendukung yang belum memadai.
Di tempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, DR. Mari Elka Pangestu mengatakan, Pekan Pesona Flores merupakan suatu acara yang sangat luar biasa. “Untuk itu, acara ini perlu didukung oleh seluruh masyarakat Flores pada umumnya serta masyarakat Sikka pada khususnya agar dapat berjalan dengan lancar, baik dan memberikan kenyamanan bagi setiap orang yang datang menyaksikan acara ini,” katanya.
Dikatakan Mari Pangestu, Flores mempunyai potensi pariwisata yang luar biasa. “Tinggal bagaimana kita berusaha untuk terus mendorong potensi yang ada agar dapat berkembang,” ujarnya. Dan,  “Kita juga patut berbangga karena ini merupakan suatu wujud apresiasi yang tinggi dalam mendorong kaum muda untuk memajukan warisan budaya,” tambahnya.
Mari Pangestu berharap, agar Pekan Pesona Flores bisa dijadikan ajang apresiasi untuk mempromosi daya tarik wisata. “Semoga acara ini bisa jadi ajang transaksi jual beli untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” harapnya. Dia juga menambahkan, perlu melibatkan masyarakat setempat dalam mengembangkan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.
Sementara itu dalam laporan panitia Maumere In Love disebutkan, ini merupakan sebuah event pertama yang diselenggarakan Keuskupan Maumere. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosi Flores sebagai salah satu wisata yang kaya akan kekayaan alam, sebagai ajang untuk mempromosi produk unggulan dan produk ekonomi kreatif serta untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan kaum muda.
By. VERRY GURU

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?