Capek Berperang, Israel – Plestina Sepakat Gencat Senjata


sergapntt.com – Setelah bertahun-tahun terlibat perang, tentara Israel dan Palestina akhirnya distirahatkan sementara dibawah payung gencatan senjata. Capek kali ya? Oh tidak! Gencatan senjata ini merupakan upaya perdamaian kedua negara yang difasilitasi Mesir.
Sebelumnya, Israel melepaskan 12 roket ke wilayah Jalur Gaza. Tak mau kalah, Palestina pun menembak balas dengan 92 roket ke wilayah selatan Israel, 40 kilometer dari Jalur Gaza.

Puluhan roket Qassams dan Grads dilepaskan tentara Palestina di pusat kota di Asdod, Be’ersheba dan Ashkelon, Sabtu (10/3/12) siang waktu setempat. Akibatnya, delapan orang terluka. Perut seorang korban robek akibat terkena roket. Sementara korban lainnya mengalami luka ringan. Para korban lalu dilarikan ke Rumah Sakit Kaplan di Rehovot dan Barzilai.

Selain itu, tiang listrik dan kendaraan di sekitar hancur. Jendela rumah dan beberapa rumah rusak parah. Serangan ini merupakan balasan atas tewasnya Ketua Komite Pertahanan Palestina (PRC) Zohair al-Qaisi dan sembilan pejuang Palestina dalam serangan Gaza.(BOG)

Pesawat tempur Israel melancarkan dua serangan terhadap bagian utara dan tengah Jalur Gaza. Gempuran udara ini terjadi setelah satu serangan roket ke Israel bagian selatan. Serangan tersebut dilancarkan setelah tiga roket ditembakkan dari Jalur Gaza tanpa merenggut kota jiwa. Serangan balasan Israel ditujukan ke “markas kegiatan gerilyawan”.

Juru bicara militer Israel menjelaskan, sejak awal 2012, sebanyak 20 roket telah ditembakkan ke Israel bagian selatan dari daerah kantung Palestina yang dikuasai Gerakan Perlawanan Islam (Hamas).

Hamas telah mempertahankan gencatan senjata yang dicapai secara diam-diam dengan Israel. Namun, kelompok lain bersenjata di Jalur Gaza, masih kerap menembakkan roket ke Israel. Serangan balasan biasanya dilancarkan militer Negeri Yahudi sesudah serangan gerilyawan Palestina.

Namun (13/3/12), Israel dan faksi militan di Jalur Gaza sepakat menghentikan saling serang untuk mengakhiri kekerasan berdarah selama empat hari yang menyebabkan 25 warga Palestina tewas.  
Demikian keterangan para pejabat keamanan Mesir, Selasa, 13 Maret 2012. Pejabat tersebut berkata melalui telepon di Kairo, “Keduanya setuju tak melanjutkan operasi (militer).” Israel akan menghentikan pembunuhan dan saling menjaga ketenangan. “Kesepakatan ini berlaku efektif mulai pukul 01.00 dinihari waktu setempat,” ujarnya.

Mengutip keterangan sejumlah pejabat, media Israel menyebutkan Israel akan kembali pada kesepakatan lama, yakni menjawab (situasi) tenang dengan ketenangan pula. Namun, bila ada serangan roket yang ditembakkan militan Palestina, maka mereka akan menjawabnya dengan serangan pula.

Namun demikian, laporan tersebut tak mendapatkan komentar dari juru bicara militer Israel. Negeri ini memberikan sinyal bahwa tidak akan berhenti pada apa yang disebut dengan “operasi siaga” yang ditujukan untuk menghentikan serangan roket dan lintas batas negara.

Seorang pejabat Palestina yang mengetahui isi pembicaraan berkata, “Sejumlah faksi (Jihad Islam) sepakat dengan keputusan tersebut.” Tetapi mereka masih menunggu respons Israel.

Israel mengatakan militan Gaza telah menembakkan lebih dari 150 roket dari Gaza ke kota-kota di selatan sejak pecah pertempuran, Jumat pekan lalu, setelah Israel membunuh seorang militan senior yang dituduh menyiapkan serangan ke Israel dari wilayah Mesir. Akibat serangan tersebut, delapan warga Israel cedera.

by. eros/reuters

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?