SALAM dan Duo Dan Bakal Bersaing, Ayo Kuda Hitam


TIMORense – Empat pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang sudah dipastikan bisa naik ring Pemilukada. Empat pasangan bakal calon tersebut masing-masing Jonas Salean-Herman Man (Paket SALAM), Jefristson Ratu Kore-Kristo Blasin (Paket JERIKO), Daniel Adoe-Daniel Hurek (Paket Duo Dan) serta pasangan Paul Liyanto-Yos Mamulak (Paket Ayo). Tiga pasangan bakal calon, Paket SALAM, DUO DAN serta JERIKO merupakan muka lama dan siap tarung ulang. Sedangkan Paket Ayo merupakan pasangan pendatang baru yang disinyalir memiliki dukungan politik yang cukup signifikan. Paket Ayo bisa jadi “kuda hitam” dalam pertarungan politik ini. Lalu bagaimana peluang tiga paket yang lain?
Jonas Salean dan Dr. Herman Man merupakan pasangan satu-satunya yang memilih jalur perseorangan. Pasangan ini mengklaim diri memiliki dukungan yang sangat signifikan. Terbukti, sekitar dua puluhan ribu Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga Kota Kupang telah menghantar pasangan ini ke atas ring pemilukada. Dengan mengandalkan militansi dan fanatis para pendukung, pasangan ini optimis akan meraup suara yang cukup signifkan. Alberth Oliver salah satu pendukung militan Paket SALAM dalam percakapan dengan TIMORense mengemukakan, popularitas Jonas Salean sebagai salah satu bakal calon Wali Kota Kupang tidak bisa diragukan. Bahkan mantan Sekda Kota Kupang meurut Alberth Oliver, akan meraih dukungan yang signifikan. Apalagi pengalaman di birokrat, membuat Bu Ony, demikian sapaan karib Jonas Salean, bisa memberikan sesuatu yang baru dan segar bagi kalangan birokrat di Kota Kupang.
“Pengalaman dan popularitas Jonas Salean tidak bisa disangsikan lagi. Ditambah dengan dukungan dari Dr. Herman Man, tentunya pasangan ini akan berada di atas angin,” tandas Alberth Oliver.
Memang Jonas Salean dan dr. Herman Man memiliki pesona tersendiri. Selain tidak mempergunakan jalur partai politik, pasangan ini telah bekerja cukup lama. Tidak mudah mengumpulkan puluhan ribu KTP warga Kota Kupang, tapi Paket SALAM telah membuktikan itu. Lalu bagaimana peluang JERIKO?
Sebagai pasangan calon yang diusung koalisi besar partai politik besar, tentunya JERIKO seakan berada di atas angin. Namun tidak bisa dipungkiri, Partai Gerindra yang dinakodai Esthon Foenay di Provinsi NTT, memiliki kisah politik tersendiri. Langkah politik Gerindra yang mengusung Jeriko telah membuat luka politik bagi Orang Timor yang tergabung dalam Persehatian Orang Timor (POT). Basis pendukung tradisional tidak sepenuhnya akan mendukung Jeriko. Namun demikian, yang namanya politik bisa berubah setiap saat. “Jeriko masih punya peluang dan nanti kita akan buktikan itu,” tandas Melkisedek salah satu fans berat Paket Jeriko.
Sebagai incumbent, Daniel Adoe-Daniel Hurek memiliki kans yang lebih besar. Frits Fanggidae salah satu akademisi UKAW Kupang dalam percakapan dengan TIMORense megemukakan, juara bertahan biasanya lebih diunggulkan dari para penantang. Apalagi, sang juara telah membuktikan diri. Dalam konteks demikian, jelas Frits Fanggidae, para pendatang baru maupun penantang lama harus memiliki kekuatan ekstra untuk melawan sang juara bertahan. Apalagi, juara bertahan biasanya telah mengetahui dan memahami teknik secara baik dan benar. Sehingga dalam implementasinya akuraditasnya cukup tinggi. “Untuk mengalahkan juara bertahan biasanya tidak mudah,” timpal Frits.
Memang politik tidak sama dengan olah raga. Tapi paling tidak, kiasan dari Frits Fanggidae bisa menjadi bahan refleksi tersendiri. Karena tidak mudah mengalahkan juara bertahan. Tapi untuk mempertahankan juara pun tidak segampang yang kita pikirkan. So…marilah kita menunggu dan melihat apa yang bakal terjadi di ring pemilukada Kota Kupang. Terlepas dari itu semua, kita menantikan pertandingan yang fair dan elegan tanpa mengabaikan relasi kemanusiaan dan persaudaraan yang telah terajut selama ini.
by. yes bale

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?