SEJAHTERA Yang Ideal


TIMORense – KPU Kota Kupang telah menetapkan pasangan Melsiana Pellokila dan Corinus Tuan sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Kupang periode 2012-2017 dengan nomor urut 2. Paket dengan sandi SEJAHTERA ini disebut-sebut sebagai pasangan ideal yang mulai diperhitungkan lawan politik.

Sebagai kader perempuan, kehadiran Melsiana di pentas Pemilukada memberi harapan adanya perubahan dalam tatanan kehidupan. Setidaknya kedepan kaum perempuan tidak lagi dianggap sebagai manusia kelas dua dalam dunia politik.
“Saya ini pelayan. Selama ini saya selalu menjadi pelayan. Maka kedepan pun, saya akan tetap melayani sesama, terutama bagi mereka yang kurang mendapat perhatian,” ujar Melisiana saat bincang-bincang dengan TIMORense di Kupang, Sabtu (17/3/12).
Dikedalaman ucapan Melsiana itu, setidaknya mengandung pesan bahwa jika rakyat Kota Kupang memilih paket SEJAHTERA sebagai Walikota dan Wakil Walikota, maka kedepan warga Kota Kupang akan diberi pelayanan dan perhatian yang sama. Tak ada sekat, tak ada pilih kasih seperti yang terjadi kemarin-kemarin.
“Karena kita ini sama di mata Tuhan,” ucapnya.   
Pengalaman dan kepemimpinan Melsiana dan Corinus bisa dibilang sebagai kolaborasi figur yang ideal. Melsiana lama bergelut dengan dunia pendidikan, agama dan sosial, sedangkan Corinus sudah matang dalam dunia birokrasi. Terakhir  tuan Corinus menjabat sebagai Camat Maulafa, Kota Kupang.
Melsiana mengaku, sejak kecil dirinya selalu bergelut dengan dunia pelayanan, terutama pelayanan doa bagi sesama. Selain itu, ia sangat intens memberi perhatian bagi orang-orang miskin, baik yang ada di Kota Kupang maupun di luar negeri, semisal Afrika melalui sebuah yayasan yang ia pimpin.
Suatu ketika Melsiana melewati kawasan patung Ina Bo’i Kupang. Didekat patung sang pahlawan itu ada seorang perempuan sedang mengumpulkan kayu-kayu kering. Namun belakangan diketahui ia mengalami gangguan jiwa. Perempuan itu lalu diajak oleh Melsiana ke tempat rehabilitasi orang gila. Disana ia dimandikan, diberi makan lalu diberi tempat tinggal yang layak.  Pelan tapi pasti, perempuan gila itu mulai membaik. Ini contoh betapa besarnya perhatian Melsiana terhadap orang-orang pinggiran. Yang gila saja diurus, apalagi yang sehat. Tentu dengan porsi kebutuhan hidup yang layak dan diidamkan.   
Baginya, memberi itu terangkan hati. Dengan selalu memberi, Tuhan akan menyiapkan tempat yang layak. Dan, ketika rakyat memilih, maka sudah menjadi kewajiban SEJAHTERA melayani rakyat.
“Saya tidak janji, tapi saya akan memberi bukti,” imbuhnya.
Diatas ring pemilukada, tuan Cornelis merupakan satu-satunya orang Timor yang ditetapkan sebagai calon wakil walikota. Itu sebabnya, bisa dipastikan pula, sebagian besar pemilih Timor akan memilih tuan Coriunus. Maklum,,, sebagai pemilih terbesar di Kota Kupang, mayoritas pemilih Timor masih sangat terpengaruh dengan sentimen suku dan ras.  Artinya, kalau ada orang Timor yang menjadi calon pemimpin, jangan harap mereka pilih figur lain yang datang dari luar tanah Timor. Tapi pembuktiannya akan teruji pada 1 Mei 2012 nanti.
Keberadaan Corinus di pentas politik kali ini didukung penuh oleh para pendukung dan simpatisan paket Marthen Obeng – Nikolaus Lagi (MARKO) dan organisasi Persatuan Orang Timor (POT) yang diarsiteki mantan Anggoda DPD RI, Jonathan Nubatonis dan Ketua DPC Gerindra Kota Kupang, Hengky Benu.
Pengalihan dukungan para simpatisan dan tim sukses paket MARKO itu terjadi setelah MARKO digugurkan oleh KPU Kota Kupang sebagai calon walikota dan wakil walikota. Alasannya simpel. Karena kualitas paket SEJAHTERA sangat menjanjikan membawa perubahan bagi Kota Kupang. Apalagi di dalam paket SEJAHTERA ini terdapat putra Timor yang layak untuk didorong menuju ‘gedung putih’ Kota Kupang.  
“Hajatan ini merupakan titik star bangkitnya Orang Timor dari keterprukan di Kota Kupang selama ini,” ucap Jonathan Nubatonis dalam sebuah percakapan dengan TIMORense.
Ya, jika dilihat pakai mata hati, tentu publik Kota Kupang akan mengamini bagaimana kehidupan orang Timor dan bagimana mereka diperlakukan selama ini. Mereka seolah menjadi tamu di rumah sendiri. Tak ada keadilan berarti bagi mereka. Di dunia birokrasi, orang Timor hanya menempati posisi-posisi yang tak penting. Itu pun hanya satu dua orang saja. Kebanyakan dimonopoli oleh komunitas Flores, Sumba, Rote dan Sabu. Padahal ini negeri mereka. Ini tanah tumpah dara mereka. Betul bahwa siapa pun bisa mengklaim bahwa “kami juga orang Timor” dengan prinsip dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Tapi keaslian sangat diragukan.
Selama ini orang Timor sangat dekat dengan julukan-julukan yang tak patut. Misal, orang Timor ko’uk, Timor bodoh dan lain sebagainya. Karena itu, moment ini bakal dijadikan sebagai ajang pembuktian bahwa sesungguhnya anggapan itu salah. Orang Timor bukan ko’uk atau bodoh, tapi mereka tak punya kesempatan untuk berekspresi. Jika ada, maka itu hanya ruang kecil yang diskenariokan lawan politik.  
Menurut Jonathan Nubatonis, sikap POT sudah jelas. Kalau ada calon walikota yang beretnis Timor, maka POT akan memberikan dukungan. Tapi jika calon walikota tak ada, maka POT akan memberikan dukungan terhadap calon wakil walikota.
Di Pemilukada kali ini ada dua putra Timor yang menjadi calon wakil walikota, yakni Tuan Corinus dan Yos Mamulak yang berpasangan dengan Paul Lyanto (AYO). Namun santer terdengar POT lebih memilih SEJAHTERA. Itu karena Yos Mamulak dinilai salah menggandeng pasangan. Loh koq?
“Sekali Cina, tetap Cina. Lebih baik kami dukung SEJAHTERA,” ujar Eddy Nenoktek, salah seorang simpatisan POT.
Selain memiliki basis pemilih jelas, paket SEJARTERA juga dinilai sebagai pasangan suprise. Baru, berkualitas dan menjanjikan. Apakah kaum perempuan dan warga Timor akan memilih SEJAHTERA? Kita lihat saja nanti.
by. chris parera/yes bale

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?