Wisata Eksotik di Taman Nostalgia


TIMORense – Sejak diresmikan kurang lebih setahun yang lalu, Taman Nostalgia yang berada di daerah kota baru, tepatnya di depan gedung keuangan Negara, menjadi salah satu alternatif tempat hiburan bagi masyarakat Kota Kupang.

Sebagai satu-satunya taman yang berada di jantung kota, taman nostalgia selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap harinya. Perhatikan saja, jika kita lewat di sepanjang Jalan Frans Seda dan menengok ke arah taman nostalgia, pasti selalu ada orang yang sedang berada di taman tersebut.
Baik itu hanya sekedar duduk-duduk, berjalan-jalan bersama teman atau keluarga, berolahraga, berwisata kuliner sampai kepada mereka yang datang hanya untuk sekedar berfoto ria atau mungkin menyalurkan bakat fotografi mereka. Dan ada juga yang menghabiskan waktu luangnya bersama kekasih atau pacar dengan duduk-duduk sambil mengobrol disana.
Bagi masyarakat Kota Kupang, taman nostalgia telah menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Biasanya setiap sore sejak pukul 16.00 Wita, taman ini telah ramai dipadati pengunjung, sampai tengah malam. Taman nostalgia menjadi salah satu sasaran tempat hiburan karena hampir beberapa kegiatan refresing bisa didapati dan dilakukan di taman ini.
Bagi masyarakat yang ingin menikmati aneka jenis makanan dan minuman, tersedia juga di taman nostalgia. Ada berderet-deret pedagang yang menjajakan makanannnya disana. Tinggal dipilih saja sesuai selera. Kemudian bagi orang tua yang memiliki anak, di taman nostalgiapun tersedia berbagai jenis permainan anak-anak, mulai dari ayunan, perosotan, dll.
Dan bagi mereka yang gemar berolah raga, disana juga terdapat sebuah lapangan basket dan sebuah lapangan yang lebih luas untuk bermain sepak bola. Sehingga tidak heran, sampai tengah malam pun tidak jarang kita temui beberapa anak muda masih melakukan kegiatan olahraga disana. Karena selain gratis, tempatnya juga bagus dan nyaman, mudah dijangkau dan berada persis di tengah kota.
Bisa dibilang, taman nostalgia adalah taman multi fungsi. Bagaimana tidak, semua hal untuk menyegarkan pikiran setelah beraktifitas di rumah, sekolah/kampus ataupun tempat kerja bisa kita lakukan disana. Dan salah satu yang membuat taman nostalgia menjadi semakin menarik yaitu adanya Gong Perdamaian yang terletak di taman nostalgia. Tidak jarang orang datang kesana hanya untuk melihat gong perdamaian kemudian berfoto disana. Bahkan, orang-orang yang datang dari luar kota Kupang pun, banyak yang mengunjungi taman nostalgia untuk sekedar berjalan-jalan, berfoto-foto dan melihat langsung gong perdamaian yang merupakan perjanjian damai antar umat beragama di Indonesia, yang salah satunya hanya ada di kota Kupang, tepatnya di taman nostalgia.
Selain banyak sarana yang bisa dinikmati disana, taman nostalgia menjadi menarik dengan desain dan tampilan tamannya yang menawan. Dengan bunga-bunga yang hijau,segar dan berwarna-warni disana, bangku-bangku, tangga-tangga yang bisa dipakai duduk, dan ditambah lampu-lampu taman yang banyak, semakin menambah keindahan dan keeksotikan taman nostlagia, terlebih pada malam hari. Sangat indah dan menenangkan.
Juni dan Tika, merupakan beberapa dari sekian banyak orang pengunjung taman nostalgia yang berhasil di wawancarai TIMORense, Sabtu (17/3/12). Menurut kedua mahasiswi ini, mereka sering bermain ke taman nostalgia sepulang dari kuliah, baik itu hanya sekedar jalan-jalan atau refreshing. Ketika ditanya mengapa memilih taman nostalgia, padahal masih banyak tempat hiburan lain seperti mall dan pantai teddys, mereka mengatakan lebih senang kalau ketaman nostalgia, “karena di sini sejuk, banyak mainan, dan kalau mau jajanpun banyak tersedia,” ujar Juni dan Tika bersamaan.
Selain Juni dan Tika TIMORense juga sempat mewawancarai sebuah keluarga yang sedang berada di taman nostalgia. Menurut sang Ayah, Ia dan istrinya mengunjungi taman nostalgia untuk mengantar dan menemani putri mereka yang baru berusia 4 tahun bermain-main di taman nostalgia. Tampak si anak sedang bermain ayunan dengan ditemani sang ibu. Begitulah taman nostalgia telah menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat kota Kupang dan sekitarnya. Dan semoga keberadaan taman ini bisa tetap menjadi tempat hiburan yang bermanfaat bagi masyarakat.
Sayangnya, taman yang bisa menjadi kebanggaan warga Kota Kupang tidak mendapat sentuhan perawatan. Bahkan, warga Kota Kupang yang memanfaatkan berbagai fasilitas yang adapun seakan tidak peduli dengan kebersihan. Di sana-sani terlihat sampah berserakan. Nah kalau mau supaya, taman ini memberi kebanggaan, marilah kita jaga bersama. Selain itu, Pemerintah Kota Kupang dituntut memberikan perhatian serius dengan menjaga dan memelihara fasiltas umum yang ada. Semoga taman ini bisa bertahan lama sebagai tempat hiburan  alternatif bagi masyarakat Kota Kupang yang murah dan meriah.
By. Merlyn Kurniawatie

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?