Berkumpul dan Berkreasi di Mafera


TIMORense – Mahasiswa sebagai kalangan berpendidikan, selain dituntut memiliki moral dan prestasi yang baik. Diharapakan punya kreatifitas dan ikut memberikan sumbangsih dalam bidang pendidikan itu sendiri maupun bidang lainnya dalam segi kehidupan masyarakat.
MAFERA (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unwira), merupakan sebuah komunitas mahasiswa yang hadir dan diharapakan bisa menjawab tuntutan tersebut. Dimulai sejak Fakultas Ekonomi Unwira dibuka tahun 1989. Beranggotakan seluruh mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Katholik Widya Mandira Kupang, komunitas ini sempat vakum  beberapa tahun karena beberapa kendala.
Tahun 2006 lalu, karena desakan dari pihak universitas dan fakultas bahwa mahasiswa harus ikut berperan aktif dalam meningkatkan akredetasi kampus, komunitas ini kembali diaktifkan. Awal berdirinya kembali, komunitas ini menunjukan aksinya, dengan melakukan gebrakan kegiatan awal yaitu KKBM (Kegiatan Kemah Belajar Mahasiswa) di Larantuka.
Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua minggu tersebut berisi kegiatan Seminar dan sosialisasi Koperasi oleh mahasiswa fakultas ekonomi. Kegiatan kerja bhakti bersama masyarakat dan pertandingan persahabatan bola kaki dengan pemuda setempat.
Menurut ketua Mafera, yang juga merupakan ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Ekonomi Unwira, Junixon Pratama Kolloh, setiap periode program kerja atau kegiatan yang dilakukan MAFERA selalu berbeda-beda.
Tetapi ada salah satu program atau kegiatan yang selalu rutin dilakukan MAFERA yaitu MAFERA CUP, turnament futsal antar SMA/Universitas sekota Kupang yang diselenggarakan setiap tahun, untuk memperebutkan piala bergilir dan piala tetap.  Selain turnament futsal, ada satu kegiatan sosial yang sering diadakan MAFERA yaitu melakukan kunjungan ke panti asuhan setiap menjelang perayaan hari-hari besar keagamaan seperti Natal, Idul Fitri, Nyepi, Paskah, Idul Adha,dll.
Kegiatan sosial lainnya yang pernah dilakukan MAFERA yaitu, Bulan Desember lalu, mengadakan pengembangbiakan atau budidaya ikan lele di Desa Baumata dengan memberikan bantuan kepada masyarakat berupa bibit ikan lele. Selain berkreatifitas di bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan, MAFERA Juga sering mengadakan event di bidang entertain seperti mengadakan perlombaan Dance dan Band.
Sejak aktif kembalinya pada tahun 2006 sampai dengan saat ini MAFERA telah mengadakan dua kali lomba dance dan Band yang disponsori juga oleh Telkomsel dan DJarum. Kepanitiaan dalam lomba ini biasanya juga digabung dari pihak luar khususnya desain panggung. Kemudian selebihnya ditangani MAFERA. Mengenai dana-dana dari setiap kegiatan mereka, Nick, deikian sapaan karibnya, menjelaskan kalau 30 persen dana merupakan bantuan dari kampus, tetapi selebihnya diperoleh dengan usaha-usaha seperti pengajuan proposal ke instansi-instansi pemerintahan dan melakukan kerja sama dengan sponsor.
Ketua Mafera, berharap MAFERA bisa menjadi pembaharuan bagi komunitas-komunitas lainnya di Kota Kupang, yang bisa memberikan sisi positif bagi masyarakat dan ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa mahasiswa juga mampu berkreatifitas di berbagai bidang.
Dan sejauh ini , Nick mengungkapkan kegiatan MAFERA sama sekali tidak mengganggu aktifitas perkuliahan mereka karena setiap kegiatan telah di atur sesuai schedule dan selalu dikonsultasikan dengan pihak kampus. Saat ini Mafera sedang mempersiapkan dua kegitan yang akan dilaksanakn dalam waktu dekat yaitu KKBM di Lelogama dan MAFERA Cup IV. Sukses Untuk MAFERA.
By. Merlyn Kurniawatie

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?