Lebih Banyak Monyet Dari Pengunjung


TIMORense – Taman Rekreasi gua monyet yang berada di sepanjang jalan menuju pelabuhan Tenau Kupang, merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kota Kupang. Di tempat ini para pengunjung bisa melihat tingkah pola berpuluh-puluh ekor monyet yang biasanya bermunculan dari dalam gua-gua yang berada di tebing-tebing di sisi jalan raya.
Monyet-monyet tersebut kadang keluar sampai dijalan, sehingga tidak jarang mengundang perhatian para pengendara mobil maupun motor yang kebetulan melintasi jalan tersebut. Mereka terkadang berhenti sejenak untuk menonton monyet-monyet tersebut. Tetapi tidak jarang juga pengunjung yang datang khusus untuk melihat monyet-monyet tersebut secara lebih dekat.
Namun sayang, objek wisata ini kelihatan tidak terurus dan jarang dikunjungi. Padahal sebenarnya banyak hal yang bisa dijual dari tempat ini. Selain keberadaan berpuluh–puluh ekor monyet di tempat tersebut, persis di seberang jalan gua monyet terdapat objek wisata pantai yang sangat indah dan mempesona.
Dari pantai tersebut kita bisa melihat indahnya pulau Semau di sore hari dan menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat Teluk Kupang. Hanya saja kurangnya perhatian dari pemerintah daerah, terutama instansi terkait yang mengelola objek wisata, tempat ini menjadi terkesan mubazir. Padahal banyak potensi yang bisa ditonjolkan.
Pengamatan TIMORense ketika mengunjungi tempat ini, sama sekali tidak ada akifitas wisata di sana. Gerbang masuk menuju gua monyet juga ditutup. Tidak ada petugas yang menjaga disana.
Justru kebanyakan pengunjung datang ke tempat ini hanya untuk menikmati pantai dan mandi laut, karena air laut di sepanjang pantai ini bersih dan jernih.
Padahal jika dikelola secara baik, banyak keuntungan yang bisa disumbangkan tempat ini bagi Pemkot Kupang dan bisa membantu perekonomian masyarakat di sekitar tempat tersebut dengan menjual aneka makanan maupun minuman bagi pengunjuung.
Tentunya jika ada aktifitas wisata disana. Pemkot Kupang diharapkan lebih memperhatikan objek wisata gua monyet ini, dengan menambahkan sarana dan prasarana di tempat ini, melakukan promosi-promosi maupun pembenahan infrastruktur jalan menuju pantai di dekat gua monyet tersebut.
Dan secara tidak langsung bisa membantu melestarikan berpuluh-puluh ekor monyet tersebut agar tetap hidup dan lestari sebagai salah satu keanekaragaman fauna yang ada di NTT, khususnya Kota Kupang.
By. Merlyn kurniawatie

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?