Pertumbuhan Ekonomi NTT 2011 Dekati 6 %


sergapntt.com, KUPANG – Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya mengaku pertumbuhan ekonomi Provinsi NTT tahun 2011 mendekati 6 persen.
Demikian dikatakan Lebu Raya pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Belu di aula Rumah Jabatan Bupati Belu, Sabtu (17/3/12).
Lebu Raya menjelaskan, pelaksanaan pembangunan tahun 2011 telah dilalui dengan hasil cukup berprestasi yang didasarkan atas berbagai capaian seperti APBN dan APBD Provinsi terealisir di atas rata-rata nasional yaitu mencapai 90% atau meningkat dibandingkan tahun 2010, pertumbuhan ekonomi tahun 2011 mendekati 6 %, angka kemiskinan menurun dari 21,23 % pada Maret 2011 menjadi 20,48 % September 2011 atau menurun 0,75 % dan pertumbuhan simpanan bank meningkat rata-rata 15 % per tahun.
Pelaksanaan empat tekad pembangunan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat juga berkembang dengan baik dengan capaian seperti areal tanam jagung makin meningkat karena ada dukungan traktor besar dan perbaikan distribusi benih, hasil sensus ternak tahun 2011 mencatat peningkatan populasi sapi mencapai 778.633 ekor atau naik sekitar 30 % lebih dan populasi cendana terus meningkat karena didukung master plan yang telah disepakati Pemerintah Daerah dengan Kementerian Kehutanan RI serta NTT telah menjadi Provinsi Koperasi dengan perkembangan koperasi yang pesat dimana saat ini berjumlah 2.291 buah dengan anggota 521.516 orang dan aset mencapai Rp. 1, 515 triliun lebih.
Pelaksanaan pembangunan, program dan kegiatan yang memiliki daya ungkit besar bagi pembangunan Kabupaten Belu tahun 2012 harus dapat terlaksana dengan baik. Sehubungan dengan itu kata Gubernur, perlu komitmen dan rasa memiliki yang tinggi terhadap setiap hasil pembangunan yang telah dicapai.
“Untuk itu selaku Pemerintah Pusat di daerah, saya akan terus mendorong adanya transparansi dan akuntabilitas setiap pembangunan yang dilaksanakan dari seluruh sumber dana yang ada,” ucapnya.
Menurut Lebu Raya, pertemuan ini sangat strategis dalam menggalang kebersamaan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembangunan  tahun 2012 sehingga memperbesar peluang peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Saya juga berharap adanya kebersamaan yang terus-menerus kita galang untuk mencegah adanya kesenjangan informasi antar elemen pembangunan dan pada akhirnya akan memotivasi kita semua,” ujarnya.
Pada kesempatan itu juga Gubernur NTT melakukan penyerahan paket pembangunan tahun 2012 kepada Bupati Belu, Drs. Joachim Lopez berupa bantuan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) juga penyerahan secara simbolis Program Desa / Kelurahan Mandiri Anggur Merah tahun 2012, biaya operasional kecamatan program desa/kelurahan mandiri Anggur Merah untuk 24 kecamatan, biaya operasional desa/kelurahan program desa mandiri Anggur Merah untuk 24 desa/kelurahan, bantuan pemugaran perumahan lingkungan desa/kelurahan dan bantuan untuk Kapela Halibot dan Naekasa Kecamatan kobalima serta alokasi PNPM Mandiri Pedesaan.
By. Verry Guru

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?