Sayang Anak, Berikan ASI Eksklusif


sergapntt.com, TIMORense – Apa manfaat Air Susu Ibu (ASI)  ekslusif ? lalu berapa lama rutin diberikan kepada anak? Ternyata masih banyak ibu-ibu yang belum mengetahuinya. Loh kog?
Menurut dr. Samy Nalley, ASI eksklusif harus diberikan kepada bayi selama enam (6) bulan tanpa makanan atau minuman tambahan.
“Masih banyak ibu-ibu yang enggan memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan, apalagi ibu-ibu yang aktif bekerja. Semua orang tua yang memiliki bayi pasti mengharapkan sang buah hati selalu dalam keadaan sehat sehingga bisa tumbuh secara normal dan sehat. Untuk itu bayi memerlukan Asi dari ibunya, selain baik untuk kesehatan si bayi juga sangat baik untuk pertumbuhan si buah hati,” paparnya.
Nalley menjelaskan, pada tahun 2001, WHO telah menetapkan bahwa ASI eksklusif yang diberikan untuk sang buah hati selama enam bulan pertama, hidup bayi merupakan yang terbaik. Sebab, di dalam ASI terdapat banyak zat yang sangat spesifik dan berkualitas yang dipersiapkan oleh Ibu untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan serta perkembangan untuk kecerdasan sang bayi.
Sementara itu, Kristin Nayoan, dosen FKM Undana saat ditemui TIMORense dikediamannya, menganjurkan, jika setelah 6 bulan si ibu masih memproduksi ASI sebaiknya tetap diberikan, namun sudah bisa secara bertahap ditambahkan dengan makanan lain untuk membantu pertumbuhan bayi.
“Begitulah himbauan dari dunia kesehatan saat ini. Ada banyak manfaat pemberian ASI secara eksklusif, baik bagi bayi maupun bagi si ibu. Bahkan pemberian ASI eksklusif ini dapat mengurangi gangguan perkembangan dan tingkah laku pada anak,” ujarnya.
Kata Nayoan, manfaat dari pemberian ASI ini dapat mengurangi resiko bayi terkena diare dan muntah, mengurangi terkena infeksi pada dada dan telinga, mengurangi resiko penyakit kulit, mengurangi kemungkinan terkena sembelit, sehingga berkurang juga kemungkinan bayi dirawat di rumah sakit.
Selain itu, pemberian ASI dapat pula mengurangi kemungkinan bayi mengalami masalah kegemukan di saat dewasanya sehingga juga mencegah penyakit diabetes dan penyakit yang terkait kegemukan. Kemudian juga ada indikasi hubungan kecerdasan anak dengan pemberian ASI.
Apabila bayi mendapatkan asupan ASI secara eksklusif maka si bayi mendapat perlindungan dan keuntungan yang berlipat. Susu formula tidak bisa menggantikan peran ASI dalam hal-hal yang disebutkan di atas.
“Menyusui anak juga memberi dampak yang baik bagi sang ibu, antara lain dapat mengurangi resiko ibu terkena penyakit jantung, mengurangi resiko terkena kanker rahim dan payudara, membakar kalori pada tubuh ibu, menghemat pengeluaran, dan juga menumbuhkan ikatan yang kuat antara ibu dan anak. Menyusui juga dapat menunda kembalinya siklus menstruasi pada ibu yang baru melahirkan,” tegasnya.
Manfaat dan Keuntungan ASI Eksklusif untuk Bayi
1. Pemberian ASI eksklusif pada bayi dapat meningkatkan perlindungan terhadap banyak penyakit seperti misalnya radang otak serta penyakit diabetes.
2. ASI eksklusif juga bisa membantu melindungi bayi dari penyakit-penyakit biasa seperti misalnya infeksi telinga, penyakit diare demam tapi juga dapat melindungi bayi dari Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi.
3. Pada waktu bayi yang sedang menyusui dalam kondisi sakit, bayi perlu perawatan rumah sakit jauh lebih kecil dibanding bayi yang minum susu botol.
4. Air susu ibu dapat memberikan zat nutrisi yang paling baik serta juga paling lengkap untuk pertumbuhan bayi.
5. Air susu ibu dapat melindungi bayi yang di akibatkan oleh alergi makanan, misalnya jika makanan yang dikonsumsi oleh ibunya hanya mengandung sedikit makanan yang menyebabkan alergi.
By. Wesly Jakob/Puskesmas Sikumana

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?