Bayar Pajak, Bukti Kecintaan Pada Daerah


sergapntt.com, KUPANG – Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya mengatakan, pelaksanaan pekan panutan pajak yang dilakukan setiap tahun secara tertib merupakan bukti kecintaan terhadap negara dan daerah NTT tercinta.
“Pekan panutan pajak ini sangat penting. Ini merupakan bentuk kepedulian kita pada peningkatan pembangunan di daerah ini. Karena sebagian besar dana APBN untuk NTT sekitar 75 % bersumber dari pajak,” tandas Gubernur pada acara Pekana Panutan Penyampaian SPT Tahunan dan Pembayaran PBB tahun 2012 di Gedung Keuangan Negara Walikota Kupang Jalan Frans Seda, Selasa (27/3).
Gubernur meminta kepada jajaran pemerintahan maupun orang per orangan untuk mengoptimalkan penyetoran pajak dengan tertib, jujur dan patuh.
“Karena dengan membayar pajak yang tertib dan teratur merupakan bentuk kepedulian kita untuk negeri ini teristimewa untuk NTT tercinta,” kata Gubernur.
Menurut Gubernur, Pemerintah Pusat menargetkan penyetoran pajak yang berasal dari Provinsi NTT sebesar Rp 1,9 triliun.
“Target ini akan dipenuhi kurang lebih 50 % nya berasal dari Kota Kupang yakni sekitar Rp 800 miliar lebih. Karena Kota Kupang tidak terkategori daerah yang miskin di NTT,” ungkap Gubernur seraya meminta kepada aparatur untuk memberi contoh dan teladan yang baik dalam membayar pajak.
Di tempat yang sama Kepala Kantor Wilayah Direktorat Pajak (DJP) Nusa Tenggara, Pontas Pane menjelaskan, Kanwil DJP Nusa Tenggara yang memiliki wilayah kerja meliputi Provinsi NTB dan NTT telah berhasil mencapai realisasi penerimaan pajak tahun 2011 sebesar Rp 3,035 triliun atau 101,67 persen dari target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.
“Sementara target panerimaan pajak di Kanwil DJP Nusa Tenggara pada tahun 2012 ini ditetapkan sebesar Rp 3,923 triliun meningkat sebesar Rp 31 % lebih,” kata Pane.
Menurut dia, untuk mencapai target tersebut dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat serta dukungan dan kerjasama dari seluruh pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pimpinan instansi baik instansi pemerintah maupun swasta.
“Pajak mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan bernegara karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk penyelenggaraan negara dan pembiayaan pembangunan,” jelas Pane.
Ikut hadir dalam acara tersebut Kajati NTT, Sriyono, SH, Kajari Kupang, Risma Lada, SH, Bupati TTS, Ir. Paul Mela, M.Si, Ketua DPRD Kota Kupang, Telendmark Daud, Kepala Biro Umum Setda NTT, Kanisius Beka, SH, Karo Hukum Setda NTT, John Hawula, SH, M.Si, Sekretaris Korpri NTT, Drs. Acmad Jamaludin dan sejumlah pejabat lainnya.          

By. Verry Guru/Ida H

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?