Barca vs Chelsea, Wasit bisa Berlaku Adil?


sergapntt.com – Wasit partai semi final Liga Champions akan memegang peran penting untuk mengawal pertandingan tetap dalam koridor fair play. Kubu Chelsea yang harus bertandang ke Camp Nou untuk menghadapi Barcelona di leg kedua punya kekhawatiran soal kinerja wasit.

Sudah menjadi anggapan umum kalau tiap tim yang datang ke Camp Nou akan memiliki lawan ekstra, yakni wasit. Barcelona kerap dianggap mendapat perlakuan khusus dari sang pengadil. Lalu apakah sang wasit bisa berlaku adil?

“Kamu bisa liat di masa lalu. Ada beberapa pertandingan penting antara kami dengan Barcelona yang diwarnai kontroversi,” kata Petr Cech, kiper Chelsea seperti dikutip Daily Mail.

UEFA sudah menetapkan wasit untuk memimpin pertandingan nanti malam. Dia adalah wasit asal Turki, Cuneyt Cakir. Cakir dipilih oleh sebuah komite yang dipimpin Senes Erzik, juga orang Turki.

Sebuah teori muncul. Erzik punya hubungan bisnis dengan sponsor Barca, Unicef. Musim lalu Manajer Madrid Jose Mourinho bikin heboh ketika menanyakan hubungan Erzik dengan barcelona usai timnya kalah di semi final Liga Champions.

Terlepas dari spekulasi tadi, Cakir adalah salah satu wasit elit di Eropa. Ia memimpin lebih dari 140 partai Super Lig (Liga Turki). Pada tahun 2009, ia memimpin partai putaran final Piala Eropa U-21 di Swedia.

Debutnya di partai dalam wilayah UEFA dilakukan pria berusia 35 tahun itu pada tahun 2003. Saat itu ia menjadi wasit cadangan di babak kualifikasi Liga Champions.

Cakir yang tinggal di Istanbul bekerja di bidang asuransi. Ia pernah mengusir Mario Balotelli dari lapangan saat City jumpa Dynamo Kyiv Maret tahun lalu. Di partai itu ia mengeluarkan delapan kartu kuning.

Malam ini banyak yang berharap pada Cakir untuk bisa tampil tegas dan sigap. Partai ini tentu saja menjadi ujian baginya untuk bisa masuk jajaran wasit elit dunia.

By. Wikipedia

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?