SIM Gaji, Terobosan Baru PT. Taspen Kupang


sergapntt.com, KUPANG – Sistem Informasi Manajemen (SIM) gaji Pemerintah Daerah (Pemda) merupakan sebuah bentuk terobosan baru dan inovatif untuk tersedianya data Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang benar dan akurat dalam rangka mewujudkan visi dan misi PT Taspen (Persero) Kupang. Akurasi data melalui SIM gaji Pemda sebagai bahan dasar guna terwujudnya penggunaan kartu pegawai elektronik (E-KTP) yang telah dilounching Badan Kepegawaian Negara (BKN).
            Demikian disampaikan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya saat membuka dengan resmi kegiatan Sosialisasi SIM gaji Pemda yang digelar PT Taspen (Persero) Cabang Kupang di Hotel Kristal Kupang, Selasa (24/4).
            Menurut Gubernur, pemasangan dan pemeliharaan SIM gaji Pemda yang diberikan secara Cuma-Cuma oleh PT Taspen (Persero) sebagai wujud komitmen untuk membenahi data peserta dan keluarga PNS. “Karena itu, diperlukan uji coba dan pembuktian dari aplikasi SIM gaji Pemda yang disosialisasikan ini guna terpenuhinya kebutuhan masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi NTT,” kata Gubernur.
            Pelaksanaan SIM gaji Pemda sebut Gubernur, merupakan amanah UU nomor 8 tahun 1974 junto UU nomor 43 tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian yang menyatakan bahwa pada dasarnya setiap PNS beserta keluarganya harus dapat hidup layak dari gajinya, sehingga dapat memusatkan perhatian dan kegiatannya untuk melaksanakan tugas. “PT Taspen merupakan BUMN yang diberi tugas oleh pemerintah untuk mengelola program asuransi sosial bagi PNS dan pejabat negara yang terdiri dari program pensiun dan tabungan hari tua,” jelas Gubernur.
            Di tempat yang sama Direktur SDM PT Taspen (Persero) Karsidi mengaku, saat ini PT Taspen sedang melakukan perubahan secara fundamental terhadap proses pengajuan klaim, pembayaran pensiun bulanan dan penerapan prinsip portabilitas untuk meningkatkan kecepatan, ketepatan pelayanan serta akuntabilitasnya sehingga PT Taspen mengharapkan pelayanan melebihi harapan peserta dapat segera terwujud.
            Menurut dia, sudah menjadi komitmen seluruh jajaran PT Taspen untu terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada pesertanya dengan upaya meningkatkan kemudahan, keamanan dan kenyamanan pelayanan kepada peserta. Keunggulan SIM gaji kata dia, sangat membantu Pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten dalam proses pengolahan gaji PNS yang meliputi pertama, pembuatan dan pencetakan daftar gaji bulanan dan rapel gaji, mutasi gaji, pangkat/golongan, atau mutasi karena perubahan data pegawai lainnya. Kedua, mengetahui PNS yang telah mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) sehingga pembuatan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran Gaji (SKPP) dapat segera dilaksanakan. Dan ketiga, kata dia, pelaporan kegiatan berkaitan dengan pengolahan gaji seperti pajak, iuran wajib pegawai dan lain-lain.

By. Ida H/Verry Guru

1 Komentar

  1. Selamat PT.Taspen. Gaji ke -13 bagi pensiunan untuk yang Pensiun bulan Juni 2013 sampai sekarang belum diterima. Mohon bantuan. terima kasih


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?