PPK Ngaku Diancam Bupati Rote Ndao


sergapntt.com, KUPANG – Penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan meubeler untuk rumah Jabatan Bupati dan wakil Bupati Rote Ndao tahun 2009 lalu dibutuhkan keseriusan dan konsistensi serta keberanian lembaga peradilan dalam menegakkan hukum. Betapa tidak, kasus tersebut ditengarai melibatkan sejumlah pihak termasuk pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Rote Ndao.
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proyek itu, John Kaituka menyebut, Istri Bupati Rote Ndao, Ny. P. Haning-Bullu terlibat di dalam proyek yang menyebabkan kerugian Negara tersebut.
Dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, Kamis (19/4/12) lalu, terdakwa Jhon Kaitukakembali bernyanyi dan membeberkan adanya dugaan keterlibatan orang nomor satu di Kabupaten Rote Ndao.
Sebab menurut dia, dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Meubeler pada Rumah Jabatan (Rujab) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rote Ndao, dirinya diancam oleh Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM.
“Saya diancam oleh Bupati terkait pengadaan meubeler pada Rumah jabatan Bupati dan Wakil Bupati,” kata Kaituka saat memberikan keterangan dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Kupang, Kamis (19/4).
Ancaman yang dilakukan Bupati Haning terhadap dirinya itu telah dilaporkannya ke Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk ditindak lanjuti. Dirinya nekat melaporkan hal itu ke pihak Polda NTT lantaran merasa terganggu bahkan takut. Sebab yang mengancam adalah seorang Bupati.
Sidang dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi kemarin dipimpin majelis hakim Umbu Jama, SH. Saksi-saksi yang diperiksa kemarin adalah Aleks Leka, Armi Saek dan Joni Manafe. Dalam persidangan itu, terdakwa Jhon Kaituka didampingi kuasa hukumnya. Turut hadir juga Jaksa Penuntut Umum (JPU) Noven Bulan, SH dan Eddy Wansa, SH.
Saksi Armi Saek saat diperiksa mengatakan, saat itu dirinya bertugas sebagai panitia pemeriksa barang-barang yang diadakan untukRujab Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rote Ndao. Dari hasil pemeriksaan tersebut, dilaporkannya ke Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang saat itu dijabat terdakwa Jhon Kaituka.
Sementara berkaitan dengan keuangan ataupun pembayaran pengadaan barang-barang Meubeler itu, dia mengaku sama sekali tidak terlibat. Dia mengatakan, barang-barang yang diadakan pada Rujab Bupati dan Wakil Bupati sudah lengkap ketika diperiksa, namun dirinya tidak mengetahui sudah sesuai spek atau tidak.
Diungkapkannya, pengadaan meubeler itu terdapat barang-barang yang masih kurang. Atas kekurangan tersebut lanjut dia, kontraktor berjanji akan melengkapinya namun waktunya tidak diketahui secara pasti.
Pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, dilakukan bukan atas perintah PKK tapi atas perintah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rote Ndao.
Menurut dia, barang-barang yang diadakan untuk Rujab Bupati dan Wakil Bupati, saat pihaknya melakukan pemeriksaan, barang-barang tersebut sudah berada di Rujab Bupati dan Wakil Bupati meskipun tidak sesuai dengan speks dan terdapat kekurangan.
Selain Armi Saek, dua saksi lainnya mengatakan hal yang sama yakni barang-barang yang diadakan memang benar mengalami kekurangan. Selain itu, barang-barang yang diadakan tidak sesuai dengan spekpada kontrak.
Mengenai kekurangan barang, kata saksi telah terjadi kesepakatan antara kontraktor dengan PPK untuk melengkapi barang-barang yang masih kurang namun waktu untuk melengkapinya tidak diketahui secara jelas.
Selain itu, dalam pengadaan itu CV. Berkat Ilahi yang dimenangkan dalam proyek itu namun panitia tidak memiliki dokumen-dokumen yang lengkap. CV. Berkat Ilahi hanya memiliki dokumen-dokumen yang dipalsukan. Dalam proyek itu jumlah barang-barang yang diadakan berjumlah 45 unit. Sidang akan dilanjutkan Kamis 27 April 2012 mendatang dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi. 

by. epo/cis

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • YOU LIKE NTT?